Salin Artikel

Sampaikan Orasi Ilmiah di Jombang, Ma’ruf Amin: Jangan Berhenti Menuntut Ilmu

Di hadapan 210 peserta wisuda, Ma’ruf Amin menyampaikan pentingnya wisudawan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, mengingat tantangan dan masalah yang makin kompleks di masa depan.

“Karena nanti kalian akan menghadapi situasi yang lebih nyata lagi, yaitu di dalam masyarakat. Oleh karena itu saya menganjurkan, kalau memang memang memungkinkan, lanjutkan lagi. Setelah S1, ke S2, dan terus ke S3,” kata Ma’ruf Amin, di Jombang, Rabu.

Dia menjelaskan, manusia sesuai fitrahnya merupakan khalifatullah fil ardh yang berarti sebagai pemimpin di bumi.

Agar bisa menjalankan amanah sebagai khalifah di bumi, setiap orang perlu membekali dirinya dengan ilmu pengetahuan, baik pengetahuan dunia maupun pengetahuan agama.

Ilmu pengetahuan, lanjut Ma’ruf Amin, sangat mempengaruhi pencapaian setiap manusia. Ilmu menjadi modal utama untuk mencapai keberhasilan dan kebahagiaan dunia maupun akhirat.

“Karena memang sebagai khalifatullah fil ardh harus memiliki ilmu pengetahuan. Harus memiliki ilmu, baik ilmu duniawi maupun ilmu ukhrawi,” ujar Wapres.

Dalam paparannya, Ma’ruf Amin juga menjelaskan pentingnya ilmu pengetahuan dalam mengelola segala potensi yang ada di bumi.

Ma’ruf Amin mengungkapkan, masalah dan tantangan kehidupan dari waktu ke waktu terus berkembang dan makin kompleks. Untuk menjawabnya, diperlukan pengetahuan dan pemahaman yang cukup.

“Masalah akan terus berkembang dan tidak akan berhenti. Bekali kalian dengan ilmu pengetahuan,” Jelas dia. 

Mengakhiri orasinya, mantan ketua Umum MUI tersebut berpesan agar para sarjana terus menjaga semangat belajar dan menuntut ilmu sebagai bekal menghadapi setiap masalah dan tantangan zaman.

“Jangan berhenti menuntut ilmu, jangan bosan, dan terus berjuang,” kata Ma’ruf Amin.

Kunjungan Wapres diawali dengan menghadiri acara Wisuda Hafidhoh V di Pondok Pesantren Hamalatul Quran, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang.

Dalam wisuda tersebut, salah satu cucunya, yakni Selma Ratu Dewi Tanara, menjalani wisuda setelah merampungkan program hafalan Al Quran 30 juz dalam waktu empat bulan sembilan hari.

Setelah menghadiri acara wisuda sang cucu, Ma’ruf Amin mampir ke Pendopo Kabupaten Jombang.

Selepas zuhur, Ma’ruf Amin bersama rombongan bertolak menuju SMA Pesantren Sains Tebuireng, untuk meluncurkan Gerakan Wakaf Indonesia.

Kunjungan kerja Wapres di Jombang, diakhiri dengan menyampaikan orasi ilmiah pada acara wisuda sarjana IAI Bani Fattah Tambakberas, Jombang.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/16/065236778/sampaikan-orasi-ilmiah-di-jombang-maruf-amin-jangan-berhenti-menuntut-ilmu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke