Salin Artikel

Pemkab Malang: Sampai Saat Ini, Tidak Ada Program Renovasi atau Bangun Kembali Stadion Kanjuruhan

Plt Kepala Dispora Kabupaten Malang Nurcahyo menyebut, hingga saat ini tidak ada pencanangan program renovasi tersebut.

"Kami sampaikan bahwa di Pemerintah Kabupaten Malang sampai saat ini tidak ada program untuk renovasi atau membangun kembali Stadion Kanjuruhan," ungkap Nurcahyo saat ditemui, Selasa (14/3/2023).

Nurcahyo menyebut, sejauh ini baru ada rencana membuat monumen untuk mengenang 135 korban tewas dalam tragedi usai pertandingan antara Arema FC vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan.

"Kemarin sudah bicara dengan manajemen Arema bahwa stadion akan dibangunkan monumen tragedi," ujarnya.

Namun, ia berjanji akan menampung aspirasi dari Aremania yang ingin membangun stadion baru di sekitar Stadion Kanjuruhan. Aspirasi itu akan didiskusikan dengan Bupati Malang.

"Untuk bisa membangun homebase (stadion) kembali di sekitaran Stadion Kanjuruhan itu harapannya kami sampaikan dulu ke bupati," ujarnya.

Presiden meminta Kementerian PUPR untuk mengaudit bangunan stadion, berkaitan dengan mitigasi dan spesifikasi bangunan, mulai dari pintu gerbang, posisi duduk, pagar, dan lainnya.

Hal itu disampaikannya saat melihat Stadion Kanjuruhan usai tragedi, pada Oktober 2022.

Pantauan Kompas.com, tak ada aktivitas di dalam Stadion Kanjuruhan. Seluruh fasilitas di dalam stadion masih terlihat sama seperti setelah tragedi Kanjuruhan.

Pagar dan benda sisa tragedi Kanjuruhan masih berserakan. Sejumlah garis polisi juga masih melingkar di beberapa bagian stadion.

Sementara rumput lapangan tidak terawat dan mulai meninggi.

Di bagian luar stadion, aktivitas warga terlihat normal. Warga sekitar tetap menggunakan area luar stadion untuk lari pagi, latihan menyetir kendaraan, dan penyewaan sejumlah wahana dan kendaraan hias.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/15/163157978/pemkab-malang-sampai-saat-ini-tidak-ada-program-renovasi-atau-bangun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke