Salin Artikel

Peletakan Batu Pertama Monumen Reog Ponorogo, Dibangun di Lokasi Bekas Tambang Batu Gamping

Pembangunan monumen itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang didampingi Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko.

Saat melakukan peletakan batu pertama, mantan Menteri Sosial mengakui pembangunan monumen itu membutuhkan investasi besar senilai Rp 85 miliar.

"Proyek ini memang membutuhkan imvetasi besar. Kami mohon doa restunya," ujar Khofifah di lokasi, Sabtu (11/3/2023).

Untuk mempercepat pembangunan, Khofifah menyebut, pemerintah pusat harus ikut membiayai proyek tersebut.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, kata Khofifah, sudah melakukan pemaparan di Bappenas dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian beberapa waktu lalu.

"Beberapa waktu lalu, Bupati Ponorogo sudah mempresentasikan (pembangunan monumen reog) ke Bappenas dan Menko Perekonomian," kata Khofifah.

Tak hanya itu, Pemprov Jatim sudah sering bertemu investor untuk pembangunan infrastruktur penunjang berupa hotel hingga arena bermain.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyatakan, pembangunan monumen reog untuk menjaga warisan budaya leluhur. Bahkan pembangunan monumen reog itu mendapatkan dukungan anggaran dari Pemprov Jatim sebesar Rp 30 miliar.

Sementara total anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan monumen itu sebesar Rp 75 miliar.

"Saat ini anggaran terbanyak berasal dari Pemprop Jatim melalui Bunda Khofifah (Gubernur Jatim)," jelas Sugiri.

Pria yang akrab disapa Kang Giri itu pun membutuhkan dukungan dari swasta agar pariwisata di Kabupaten Ponorogo makin maju dan berkembang.

Untuk diketahui, monumen yang dibangun di bekas tambang batu gamping itu rencananya memiliki ketinggian 126 meter. Pembangunan monumen reog ditargetkan selesai pada 2024.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/03/13/072954878/peletakan-batu-pertama-monumen-reog-ponorogo-dibangun-di-lokasi-bekas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke