Salin Artikel

Ratusan Sapi di Magetan Suspek LSD, Dinas Peternakan Gencarkan Vaksinasi

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan Nur Hayani mengatakan, 10 sapi milik UPTD Pemprov Jatim di Desa Prampelan, Kecamatan Karangrejo, dinyatakan positif LSD.

“Konfirmasi positif lab hari Jumat (24/2/2023) kemarin, itu pun sapi milik UPTD Jatim di Prampelan. Ada 10 ekor sapi yang terkonfirmasi positif LSD, itu sudah bisa menjadi dasar patokan bahwa Magetan sudah terkomfirmasi positif,” kata Nur ditemui di sela kegiatan sosialisasi kiat beternak kambing di Magetan, Senin (27/2/2023).

Terkait temuan itu, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan akan menggencarkan vaksinasi khususnya terhadap sapi perah.

“Saat ini untuk vaksin kita masih 700 dosis. Kita memang utamakan yang pertama untuk sapi perah. Populasi sapi perah kita saat ini mencapai 1.053 ekor,” imbuhnya.

Nur Hayani menambahkan, sebanyak 214 ekor sapi milik warga Magetan dinyatakan suspek LSD. Dinas pun melakukan sosialisasi untuk mencegah penyebaran dan menunjang kesembuhan sapi yang terpapar.

Nur Haryani  mengaku akan lebih menggencarkan vaksinasi LSD untuk mencegah penyebaran terhadap ternak sapi.

“Dari kemarin sudah 214 ekor yang terkonfirm (suspek), ada beberapa yang progress sembuh, ada beberapa yang masih kita dampingi untuk sembuh,” ucapnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/28/144025478/ratusan-sapi-di-magetan-suspek-lsd-dinas-peternakan-gencarkan-vaksinasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke