Salin Artikel

Monumen Simpang Lima Gumul, Kemegahan Landmark Kabupaten Kediri yang Bergaya Eropa

KOMPAS.com - Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Kediri tanpa berfoto di depan Monumen Simpang Lima Gumul (SLG).

Monumen Simpang Lima Gumul memang sudah terkenal sebagai salah satu tempat wisata di Kediri karena bentuknya yang mirip dengan L’arch D’ Triomphe di Perancis.

Lokasi monumen ini berada tepat di tengah pertemuan lima jalan yaitu arah Pare, Kediri, Plosoklaten, Pesantren dan Menang.

Bangunan Monumen Simpang Lima Gumul adalah landmark dari Kabupaten Kediri yang juga menjadi tiang pancang pengembangan kawasan Simpang Lima Gumul menjadi kawasan kota baru.

Dilansir dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Kediri, Monumen Simpang Lima Gumul memiliki luas bangunan 804 meter persegi dan tinggi 25 meter.

Angka luas dan tinggi monumen ini mencerminkan tanggal, bulan dan tahun hari jadi Kabupaten Kediri, yaitu 25 Maret 804 Masehi.

Tidak heran jika kemudian Monumen Simpang Lima Gumul ini memiliki semangat tentang berdirinya Kabupaten Kediri.

Pada sisi monumen juga terdapat relief-relief yang menceritakan sejarah serta kebudayaan Kabupaten Kediri sejak masa lampau.

Keunikan lain adalah keberadaan arca Ganesha di sekeliling monumen yang merupakan simbol Dewa Hindu yang merepresentasikan kecerdasan, keberuntungan dan kemakmuran

Terdapat tiga jalan menyerupai terowongan bawah tanah untuk menuju ke dalam monumen, yang dihiasi berbagai foto tentang budaya dan wisata di Kabupaten Kediri.

Wisatawan juga dapat mencapai bagian atas anjungan untuk melihat keindahan Kabupaten Kediri dari atas monumen.

Dilansir dari TribunJatimwiki.com, Pembangunan monumen ini pertama kali digagas pada tahun 2003 oleh Bupati Kediri Sutrisno yang menjabat saat itu.

Pembangunan monumen dan kawasan di sekitarnya memakan waktu lima tahun dari tahun 2003 dan selesai pada tahun 2008.

Sumber:
 kedirikab.go.id   
 tribunjatimwiki.tribunnews.com  
 travel.kompas.com  (Penulis: Anggara Wikan Prasetya)

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/08/230040778/monumen-simpang-lima-gumul-kemegahan-landmark-kabupaten-kediri-yang-bergaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke