Salin Artikel

Pembangunan Jembatan Gladak Perak Masuk Tahap Akhir, Pekerja Terkendala Cuaca

Jembatan yang menghubungkan Kota Lumajang dan Kecamatan Pronojiwo, Tempursari, dan Kabupaten Malang ini hancur setelah diterjang erupsi Gunung Semeru pada Desember 2021.

Setahun berlalu, pembangunan jembatan vital itu sudah memasuki tahap akhir pengerjaan. Proses pengaspalan jalan menuju jembatan juga sudah mulai dilakukan.

Rencananya, jembatan ini sudah bisa dilewati warga sebelum arus mudik Lebaran 2023.

Petugas PT Adi Karya Radiyo mengatakan, jembatan yang membentang di atas Sungai Besuk Kobokan ini sudah tersambung pada kedua sisinya.

"Jembatan sudah tersambung dan sudah dipasangi beton. Ini tinggal menunggu umur beton dan siap untuk diaspal," kata Radiyo di Lumajang, Jumat (3/2/2023).

Sejatinya, Jembatan Gladak Perak ini ditarget selesai akhir Desember 2022. Namun, sampai saat ini, pembangunan jembatan masih dalam proses pengerjaan.

Pembangunan terhambat cuaca

Menurut Radiyo, keterlambatan pembangunan jembatan karena kondisi cuaca di sekitar lereng Semeru kerap tidak mendukung.

Seperti saat hujan mengguyur disertai banjir lahar dingin Semeru, proses pengerjaan harus dihentikan demi keselamatan pekerja.

"Kita ada faktor alam yang sedikit menghambat proses pengerjaan. Seperti hujan itu yang bisa kita kerjakan ya hanya mengebor saja," terang Radiyo.


Meski begitu, pihaknya tetap mengupayakan pembangunan jembatan cepat rampung dan bisa segera dilewati masyarakat.

Radiyo menuturkan, PT Adi Karya juga telah memasang tembok pengaman di setiap ujung jembatan untuk memastikan pengendara bisa melintas dengan aman.

"Sekarang tinggal merapikan saja ya, tembok pengaman sedang dibangun dan tinggal dicor," pungkasnya.

Jalur alternatif

Sebagai informasi, masyarakat yang hendak bepergian ke Lumajang maupun Malang via Jembatan Gladak Perak saat ini belum bisa melintas.

Jalur alternatif yang bisa digunakan adalah jalur Curah Kobokan atau Tol Cikali. Namun, untuk melewati jalur ini harus memperhatikan kondisi cuaca.

Jika hujan mengguyur puncak Gunung Semeru, jalan yang melintasi aliran lahar Semeru ini akan ditutup.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/02/03/194457378/pembangunan-jembatan-gladak-perak-masuk-tahap-akhir-pekerja-terkendala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke