Salin Artikel

Pendaki Perempuan yang Tewas di Puncak Gunung Lawu Berhasil Dievakuasi

Tim SAR Gabungan dari BPBD Karanganyar dan BPBD Kabupaten Magetan serta Relawan Anak Gunung Lawu membawa jenazah Gati ke Pos Cemoro Kandang, selanjutnya diantar menuju Puskesmas Karanganyar untuk visum.

Gati sebelumnya diduga naik melalui jalur pendakian Pos Cemoro Sewu.

Relawan Anak Gunung Lawu yang bertugas di Pos Cemoro Kandang, Budi mengatakan, sejumlah pemilik warung dan porter di Gunung Lawu sempat bertemu dengan korban di Pos 1 jalur pendakian Pos Cemoro Sewu.

“Rombongan orang warung sempat mampir ke sini, mengatakan sempat ketemu dengan survivor di pos satu, informasinya survivor menginap di Pos 1,” ujarnya saat ditemui di Pos Cemoro Sewu, Senin (30/01/2023).

Budi menambahkan, dari sejumlah informasi yang berhasil dikumpulkan oleh relawan Anak Gunung Lawu, diketahui pendaki itu sempat makan siang di Pos 2.

Sejumlah rombongan pendaki dari Yogyakarta juga disebut sempat bertemu dengan pendaki tersebut.

“Hari Minggu siang pendaki dari Yogyakarta sempat ketemu di puncak. Kita juga mendapat foto saat survivor makan siang di Pos 2 dan foto saat berada di puncak Gunung Lawu,” kata dia.

Pos Cemoro Kandang menerima laporan korban tewas di Geger Boyo kawasan Puncak Gunung Lawu dari pencari kayu bakar salah satu pemilik warung di Puncak Gunung Lawu.

Upaya evakuasi korban sempat terhambat cuaca buruk, yakni hujan disertai angin kencang di kawasan puncak.

Namun proses evakuasi akhirnya berhasil dilakukan.

Sebelumnya, seorang pendaki ditemukan tewas di kawasan Geger Boyo kawasan Puncak Gunung Lawu.

Korban atas nama Gati Ambarwati (32), merupakan pendaki warga Jalan Kruta Mulya 10 RT 1 RW 1 Desa Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Madiun.

"Kita menerima laporan pada Minggu sekitar pukul 12.45 WIB bahwa ditemukan korban tewas di lokasi Geger Boyo, kawasan puncak Lawu," kata Budi.

Budi menambahkan, korban ditemukan pertama kali oleh Agus dan Jarwo, relawan yang sering membantu Mbok Yem, pemilik salah satu warung di Puncak Gunung Lawu saat mencari kayu bakar. Korban ditemukan terperosok di bibir tebing.

"Dari informasi korban sitemukan di bibir tebing. Tersangkut di ranting ranting pohon," imbunya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/01/30/175638478/pendaki-perempuan-yang-tewas-di-puncak-gunung-lawu-berhasil-dievakuasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke