Salin Artikel

Imbas Cuaca Ekstrem, 12 Anggota PPK Asal Kepulauan Dilantik KPU Sumenep secara Daring

"Ada 12 anggota (PPK) yang mengikuti pelantikan secara daring," kata Komisioner KPU Sumenep, Rafiqi Tanzil kepada Kompas.com, Rabu (4/1/2023).

Rafiqi menyebutkan, sebanyak 12 orang anggota PPK yang mengikut pelantikan sacara daring merupakan anggota yang berasal dari Kepulauan yakni Kecamatan Arjasa, Kangayan, dan Sapeken.

Ke-12 orang anggota tersebut tak bisa berlayar ke Kota Sumenep imbas cuaca ekstrem. Aktivitas pelayaran pun juga sedang dihentikan total.

Sesuai dengan ketentuan, pelantikan Badan ad hoc penyelenggara pemilu seharusnya digelar muka langsung. Apalagi saat ini PPKM (Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat) sudah dicabut.

Namun, karena cuaca ekstrem dan tidak ada jadwal kapal berlayar, KPU pusat membolehkan diberlakukan pengecualian khusus.

"Kami sudah melaporkan ke KPU RI, dan diperbolehkan (digelar daring)," tuturnya.

Selain itu, pelantikan anggota PPK untuk pelaksanaan pemilu serentak 2024 itu, sesuai dengan tahapan yang diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 tahun 2022 tentang Rekrutmen Badan Adhoc.

Ia pun berharap, seluruh anggota PPK yang sudah dilantik tersebut bisa serius bekerja dan menjaga integritas dalam menjalankan amanah yang diberikan KPU.

"Kami berharap (semua anggota PPK) serius bekerja, banyak belajar terkait regulasi kepemiluan dan harus bisa jaga integritas sebagai penyelenggara," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2023/01/04/151538478/imbas-cuaca-ekstrem-12-anggota-ppk-asal-kepulauan-dilantik-kpu-sumenep

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke