Salin Artikel

Adik Amrozi Yakin Umar Patek Telah Berubah: 1.000 Persen Saya Percaya

Pada agenda Selasa (13/12/2022) siang tersebut, Umar Patek yang merupakan perakit bom Bali 2002, menyampaikan permintaan maaf terhadap para korban beserta keluarga atas tindakan yang pernah dilakukan sembari berlinang air mata.

Sekaligus menyatakan insyaf dan ikrar mengakui Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya tidak hanya 100, tapi 1.000 persen percaya dengan beliau (Umar Patek). Karena saya dan beliau pernah tumbuh bareng-bareng di hutan, di laut dan beberapa tempat lain," ujar Ali Fauzi, saat mendampingi Umar Patek di Yayasan Lingkar Perdamaian, Selasa.

Ali menjelaskan, sosok Umar Patek pada saat ini telah berubah dari sebelumnya, yang dikenal sebagai teroris bom Bali.

Dalam peristiwa teror pada waktu itu, ratusan nyawa melayang.

Menurut Ali, Umar Patek siap menjadi duta perdamaian dalam rangka upaya memerangi deradikalisasi.

Sementara status bebas bersyarat, membuat Umar Patek masih dalam pengawasan pemerintah, dengan diharuskan melakukan wajib melapor sesuai waktu yang telah ditentukan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Surabaya.

Atas dasar tersebut, Ali Fauzi menuturkan jika Umar Patek akan berada di sekitaran Jawa Timur.

"Sementara akan di sekitar sini dulu, sambil mengembangkan potensi (usaha yang bakal dirintis) beliau," ucap Ali Fauzi.

Ali mengaku akan membantu Umar Patek dalam mengembangkan usaha. Menurutnya, Umar Patek memiliki keahlian dalam bidang kuliner, yang diwacanakan untuk dirintis dan dikembangkan menjadi unit usaha.

"Ada potensi kuliner, sebab saat berada di Lapas Porong (Klas I Surabaya) kemarin, beliau sempat buka kantin. Dilihat saja nanti seperti apa," kata Ali Fauzi.

Sementara dihadapan awak media di Yayasan Lingkar Perdamaian, Umar Patek sempat mengutarakan permohonan maaf kepada para korban dan keluarga sembari berlinangan air mata, atas perbuatan yang dilakukan dalam peristiwa bom Bali pada 2002.

"Kepada seluruh korban bom Bali, serta keluarga korban, saya memohon maaf dengan penuh ketulusan dari hati. Dan saya tidak akan segan-segan untuk memohon, permohonan maaf itu," tutur Umar Patek, sembari berlinang air mata.

Adapun Umar Patek merupakan sosok perancang dan perakit bom Bali 2002, yang meledak dan mengakibatkan sebanyak 202 orang meninggal dunia. Sempat kabur ke Filipina dan bergabung kelompok Abu Sayyaf, Umar Patek tertangkap di Pakistan pada Maret 2011, lalu diekstradisi ke Indonesia.

Umar Patek kemudian dijatuhi hukuman vonis 20 tahun penjara atas peristiwa bom Bali 2002, namun kemudian mendapat beberapa kali remisi. Terbaru, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengumumkan, Umar Patek dinyatakan keluar Lapas Klas I Surabaya dengan program pembebasan bersyarat, Rabu (7/12/2022).

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/14/113754878/adik-amrozi-yakin-umar-patek-telah-berubah-1000-persen-saya-percaya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke