Salin Artikel

Jembatan Runtuh di Pacitan, 8 Orang Terjatuh ke Sungai, 2 Pekerja DPUPR Dilarikan ke RS

Sekitar delapan orang yang berada di atas jembatan tersebut berjatuhan ke sungai. Dua di antaranya mengalami luka dan menjalani perawatan medis di rumah sakit.

Dua orang itu diketahui sebagai pekerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

Salah satu warga Desa Borang, Suroso (37) menjelaskan, peristiwa jembatan runtuh itu terjadi pada Minggu (4/12/2022).

Jembatan itu memiliki panjang 12 meter dengan lebar 4 meter.

Menurutnya, jembatan penghubung antardesa yang berada di Desa Borang, Kecamatan Arjosari, Pacitan tersebut runtuh, ketika sejumlah pekerja tengah melakukan perbaikan.  

Jembatan yang menggunakan penyangga besi itu patah jadi dua bagian. Kedua ujung jembatan putus hingga seluruh badan jembatan runtuh ke sungai.

“Suaranya terdengar keras gemeretak dari jembatan, warga langsung mendekat ke lokasi,” terang Suroso (37), Selasa (6/12/2022).

Dia mengungkapkan, pada saat kejadian terdapat  beberapa orang di atas jembatan dan semua ikut jatuh ke dalam sungai.

Dua di antaranya mengalami luka-luka, dan dibawa ke pusat layanan kesehatan untuk menjalani perawatan.

“Dua orang yang merupakan pekerja perbaikan jembatan, mengalami luka-luka,” terang Suroso.


Melihat kejadian tersebut warga yang datang ke lokasi berupaya memberi pertolongan kepada sejumlah orang yang jatuh ke sungai.

“Warga berdatangan melakukan evakuasi para korban dari dalam sungai,” terang Suroso.

Sedangkan Kepala Desa Borang  Lilik Hidayat (35) menjelaskan, pada saat kejadian ada sejumlah pekerja melakukan perbaikan, termasuk perangkat desa.

Ada delapan orang berada di atas jembatan, sisanya di bawah jembatan.

Jembatan tersebut diperbaiki karena kondisi sebelumnya sudah ambles akibat bencana alam banjir sepanjang bulan November.

"Tiba-tiba tiang penyangga jembatan tersebut ambles ke bawah sehingga belasan orang itu ada yang terbawa jatuh ke air, bersamaan dengan runtuhnya badan jembatan. Yang di bawah juga begitu," terang Kepala Desa Borang Lilik Hidayat (35) melalui rekaman pesan suara.

Proses perbaikan jembatan tersebut dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pacitan, Selasa (6/12/2022).

"Korban ada dua orang. Keduanya pekerja dari Dinas Pekerjaan Umum Pacitan. Untuk kondisi saat ini masih dalam pemeriksaan medis di Rumah Sakit Umum dr Darsono Pacitan. Sedangkan puluhan orang lainnya mengalami luka ringan dan sudah kembali ke rumah,” terang Lilik.

Menyusul runtuhnya jembatan tersebut, kini akses antara Desa Borang dengan Desa Gembong serta kota dan Kecamatan Arjosari putus total.

Pihak desa akan membangun jembatan darurat agar aktivitas warga dapat tetap berjalan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/06/154159878/jembatan-runtuh-di-pacitan-8-orang-terjatuh-ke-sungai-2-pekerja-dpupr

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke