Salin Artikel

Gunung Semeru Meletus, PLN Jatim: Tak Ada Kerusakan Serius Jaringan Kelistrikan

"Tidak ada kerusakan berarti atau kerusakan serius dari sisi jaringan kelistrikan PLN," kata General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur Lasiran dalam keterangan resminya, Senin (5/12/2022).

Menurut Lasiran, listrik yang sempat padam usai terkena awan panas guguran kembali pulih pada Senin sekitar pukul 12.48 WIB.

"PLN telah berhasil memulihkan 119 gardu distribusi dari 121 gardu yang terdampak. Masih ada dua gardu distribusi yang berada di zona tidak aman. Sementara pasokan listrik untuk 29.945 pelanggan sudah kembali normal," Jelasnya.

Pihaknya memastikan pasokan listrik ke seluruh rumah pelanggan, 14 posko-posko pengungsian di Candipuro dan Pronojiwo, serta fasilitas kelistrikan di huntara dan huntap, aman.

Seperti diberitakan, Gunung Semeru kembali meletus pada Minggu (4/12/2022) pagi.

Berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Semeru Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),  tinggi kolom abu teramati lebih kurang 1.500 m di atas puncak atau sekitar 5.176 mdpl.

Dengan status itu, masyarakat dilarang melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Saat ini terdapat 12 titik pengungsian yang disiapkan. Belasan titik pengungsian tersebut dan diisi 2.219 pengungsi.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/05/235324778/gunung-semeru-meletus-pln-jatim-tak-ada-kerusakan-serius-jaringan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke