Salin Artikel

Video Penampakan Buaya Beredar di Media Sosial, BBKSDA Jatim Cari Lokasinya

GRESIK, KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan seekor buaya sedang berenang di dermaga beredar di media sosial.

Video berdurasi sekitar 17 detik itu menghebohkan warga Kabupaten Gresik, Jawa Timur, lantaran kemunculan buaya itu disebut terjadi di perairan daerah Gresik.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur sudah menerjunkan tim untuk mencari lokasi kemunculan buaya tersebut.

"Sudah ada beberapa tim yang kami turunkan untuk memantau di beberapa titik yang kami anggap berpotensi (muncul buaya). Sebab, informasi yang kami dapat di (Pulau) Bawean juga ada. Makanya, kami coba pastikan dulu mana (lokasi) yang benar," ujar Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Surabaya BBKSDA Jawa Timur, Dodit Ari Guntoro, saat dikonfirmasi, Senin (5/12/2022).

Dodit menjelaskan, saat ini tim dari jajaran BKSDA Jawa Timur sedang mengamati kemunculan buaya seperti yang ada dalam video tersebut di beberapa titik. Meski begitu, sampai saat ini, Dodit mengaku belum mendapat laporan dari personel yang berada di lapangan.

"Menyikapi itu kami sudah pulbaket (penumpulan bahan dan keterangan), kami cari informasi dulu dan belum bisa ngomong. Sebab, kami belum dapat bahan keterangannya," ucap Dodit.

Dodit menambahkan, penampakan buaya muara seperti dalam video sangat dimungkinkan terjadi di Gresik, kendati kejadian seperti itu langka terjadi di wilayah Gresik.

"Sebelumnya tidak pernah, ini hal baru, kendati dimungkinkan. Tapi terus terang, sebelumnya enggak pernah kami dapat informasi adanya penampakan buaya muara di Gresik seperti itu (dalam video)," kata Dodit.

Pihaknya mengimbau supaya warga maupun pemancing untuk waspada dan menghindari beberapa titik yang dinilai berpotensi muncul buaya muara.

"Karena kami kan belum tahu, ini pastinya di mana (kemunculan buaya). Jadi saya mengimbau kepada warga untuk menjauhi dulu tempat-tempat yang dimungkinkan seperti dalam video. Kalau memang sudah ketemu lokasinya, pasti segera kami amankan, kan bahaya juga kalau dibiarkan terus-terusan," tutur Dodit.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/12/05/192654378/video-penampakan-buaya-beredar-di-media-sosial-bbksda-jatim-cari-lokasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke