Salin Artikel

Buaya di Sungai Bondoyudo Gegerkan Warga, Dinas Perikanan: Sudah Beberapa Kali Muncul

Video itu diambil salah satu nelayan di Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Dalam video itu terekam seekor buaya berjemur di gundukan pasir di tengah Sungai Bondoyudo. Saat didekati sang nelayan, buaya itu langsung berenang ke sungai.

Salah satu warga setempat, Jafar mengaku sering melihat buaya sedang berjemur di sungai tersebut. Menurutnya, panjang buaya itu sekitar empat meter.

"Biasanya pagi, saya sudah lihat ini dua kali, kalau panjangnya kira-kira empat meter," kata Jafar saat dikonfirmasi, Rabu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Agus Widarto mengatakan, kemunculan buaya muara di Sungai Bondoyudo bukan pertama kalinya.

"Memang sudah berkali-kali muncul di sungai maupun di darat, karena buaya kan butuh mengatur suhu tubuhnya," kata Agus saat ditemui di kantornya, Rabu.

"Biasanya kalau buaya muara itu bisa bermigrasi melalui laut air asin karena punya kemampuan adaptasi yang tinggi," imbuhnya.

Agus menambahkan, dinas terkait akan segera menangkap buaya tersebut untuk mencegah kejadian tak diinginkan. 

Dinas Perikanan Kabupaten Lumajang telah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) untuk menangkap hewan predator tersebut.

"Imbauan kami, warga untuk selalu waspada terutama untuk nelayan pemancing dan penjala ikan, kemungkinan besar buaya muara yang dilihat warga itu agresif," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/30/182107278/buaya-di-sungai-bondoyudo-gegerkan-warga-dinas-perikanan-sudah-beberapa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke