Salin Artikel

Rantai Pintu KM Samporna Putus Saat Berlayar, Polisi Akan Panggil Pemilik Kapal

Hal itu dilakukan usai KM Samporna Maju terlibat kecelakaan di Perairan Talango Sumenep, pada Jumat (25/11/2022).

Rantai pintu kapal putus dan menyebabkan sejumlah penumpang dan kendaraan terjun ke laut.

"Tentu setalah ini kami rencanakan pemanggilan (kepada pemilik kapal), kami minta keterangan dulu terkait peristiwa (rantai pintu kapal putus) kemarin," kata Kapolres Sumenep AKBP Edo Satya Kentriko saat dihubungi, Selasa (29/11/2022).

Edo menyebut, pemanggilan itu memang baru direncanakan sebab saat peristiwa kecelakaan itu pihaknya fokus melakukan evakuasi.

Kendati tak ada korban jiwa, proses evakuasi kendaraan juga dilakukan untuk kemudian diserahkan kembali kepada para korban.

"Terkait dengan tidak boleh melebihi kapasitas. Selain itu terkait maintenance (perawatan) kapal yang menyangkut keselamatan penumpang,” terangnya.

Sebelumnya, rantai pintu Kapal Motor (KM) Samporna Maju, putus saat berlayar dari Pelabuhan Talango menuju Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Jumat (25/11/2022).

Akibat insiden tersebut, kayu penahan pintu sebelah kiri patah dan rantai jatuh menggantung ke air laut. Sebanyak tujuh sepeda motor dan 11 penumpang terjatuh ke laut.

Sejumlah petugas Polairud Polres Sumenep yang sedang berpatroli langsung melakukan evakuasi. Mereka dibantu oleh tim gabungan yakni TNI, BASARNAS, hingga BNPB.

Kendati tak ada korban jiwa, petugas mengatakan kerugian akibat insiden tersebut mencapai Rp 120 juta.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/29/215831478/rantai-pintu-km-samporna-putus-saat-berlayar-polisi-akan-panggil-pemilik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke