Salin Artikel

Golkar Jatim: Kalau Tanda Kerutan Wajah, Pak Airlangga Juga Punya, Bahkan Mata Menghitam Kurang Tidur

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jatim Sarmuji menjelaskan, ciri fisik yang dimaksud Jokowi lebih dekat dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Kalau tanda-tanda kerutan wajah Pak Airlangga (Airlangga Hartarto) juga punya, Bahkan sampai pelupuk mata Pak Hartarto menghitam, kurang tidur karena memikirkan rakyat," katanya kepada wartawan di Surabaya, Senin (28/11/2022).

Sarmuji mengatakan, publik jangan hanya terjebak dengan sosok rambut putih. Sebab, Presiden Jokowi juga menyebut sosok dengan kerutan di wajah.

Dia mengajak publik berpikir substantif soal ciri fisik calon pemimpin yang disebut Jokowi.

Menurutnya, yang dimaksud Jokowi adalah pemimpin yang memikirkan rakyat hingga timbul kerutan di wajah atau bahkan sampai rambutnya memutih.

"Artinya kita tangkap substansinya saja, menurut saya, substansi yang diinginkan Pak Jokowi coba cari pemimpin yang kira-kira mau turun ke bawah, mau merasakan denyut nadi kehidupan rakyat, yang mau serius memikirkan rakyat," jelasnya.

Manurut Sarmuji, banyak sekali contoh fisik orang yang mau memikirkan rakyat. Bukan hanya berambut putih, karena tidak semua orang yang rambut putih itu memikirkan rakyat.

Saat Presiden Jokowi memberikan kode fisik capres, dia menilai Jokowi sedang menawarkan banyak nama ke publik.

"Pak Jokowi hanya mengidentifikasi capres saja. Sebelumnya Pak Prabowo juga diidentifikasi. Kalau kemarin ditujukan ke Pak Ganjar, artinya Pak Ganjar sedang diidentifikasi," ucapnya.


Sebelumnya, Jokowi hadir dalam acara reuni relawan bertajuk Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Di hadapan ribuan orang, Jokowi menyebutkan ciri-ciri pemimpin yang menurutnya betul-betul memikirkan rakyat. Hal itu, kata dia, bisa dilihat dari fisiknya, antara lain, raut mukanya berkerut serta rambutnya putih.

"Saya ulang, jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya, kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati hati. Lihat juga, lihat rambut rambutnya, kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini," kata Jokowi.

Sebelum ini, Presiden Jokowi juga pernah melempar pernyataan yang seolah-olah memberi restu ke Ganjar untuk maju Pilpres 2024.

Dalam rapat kerja nasional Rakernas V Relawan Pro Jokowi (Projo) Mei lalu, Ketua Dewan Pembina Projo itu mengatakan, jangan terburu-buru perihal politik sekalipun mungkin yang mereka dukung hadir di tengah-tengah Rakernas. Dalam acara tersebut, salah satunya hadir Ganjar Pranowo.

"Jangan tergesa-gesa, jangan tergesa-gesa. Meskipun, meskipun, mungkin yang kita dukung ada di sini," kata Jokowi di Magelang, Jawa Tengah, pada 21 Mei 2022.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/28/163844578/golkar-jatim-kalau-tanda-kerutan-wajah-pak-airlangga-juga-punya-bahkan-mata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke