Salin Artikel

Pemkab Probolinggo Anggarkan Pengadaan Mobil Dinas Rp 14,9 M, Ada Rush hingga Innova

Rincian mobil dinas yang dibeli yakni 29 unit Toyota Rush dengan anggaran Rp 10,15 miliar. Puluhan mobil itu diberikan kepada 24 camat dan lima pejabat eselon II.

Lalu, pembelian lima unit Honda HR-V untuk lima pejabat eselon II senilai Rp 2,5 miliar.

Terakhir, pengadaan lima unit Innova Hybrid senilai Rp 2,3 miliar. Kelima mobil itu diberikan kepada pejabat pimpinan daerah atau forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda).

Sekretaris Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo Siswanto mengatakan, pengadaan mobil dinas dilakukan karena kendaraan para pejabat tersebut sudah lama tak diperbarui.

Ia mencontohkan para camat yang menggunakan Isuzu Panther sebagai mobil dinas. Kendaraan itu sudah berusia di atas 10 tahun.

Siswanto mengatakan, 24 Toyota Rush itu sudah didistribusikan kepada 24 camat beberapa waktu lalu.

Sedangkan Honda HR-V 1.5 SE CVT sudah berada di Pendopo Kabupaten Probolinggo. Kendaraan itu belum didistribusikan.

Untuk mobil dinas HR-V, lanjut Siswanto, sudah mendapatkan harga akhir atau adendum. Harga kendaraan yang awalnya Rp 400-an juga per unit menjadi Rp 399.000.000.

Sehingga, harga total yang awalnya Rp 2.047.750.000 menjadi Rp 1.995.000.000 setelah adendum.

“Terkait untuk siapa saja mobil dinas HR-V ini, keputusannya berada di Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko. Yang jelas penerimanya pejabat eselon II,” kata Siswanto, Jumat (25/11/2822).

Adapun Innova Hybrid keluaran terbaru, kata Siswanto, diperuntukkan bagi Forkopimda. Pagu anggaran sekitar Rp 2,3 miliar untuk lima unit mobil dengan harga per unit untuk tiap varian antara Rp 455 juta sampai Rp 652 juta.

”Mobil dinas untuk lima Forkopimda dianggarkan Rp 700 juta per unit dengan total keseluruhan sekitar Rp 3,5 miliar. Pejabat Forkopimda yang akan mengendarai mobil dinas baru tersebut adalah Kapolres, Kajari, Kepala Pengadilan Negeri, Dandim, dan Wabup Probolinggo," kata Siswanto.

Siswanto memastikan, Wabup Probolinggo akan mendapatkan Innova tipe tertinggi dibanding pejabat Forkopimda lainnya. Pengadaan Innova Hybrid masih dalam proses.

Siswanto yang juga Ketua Tim Pengadaan Mobil Dinas 2022 mengaku pengadaan kendaraan dilakukan melalui e-catalogue agar prosesnya cepat dan transparan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/25/130025578/pemkab-probolinggo-anggarkan-pengadaan-mobil-dinas-rp-149-m-ada-rush-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke