Salin Artikel

Pengamanan KTT G20 Diperketat, Pasukan TNI dan Pesawat Hercules Siaga di Bandara Banyuwangi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pesawat Hercules dan pasukan TNI AU bersiaga di Bandara Internasional Banyuwangi, Jawa Timur, jelang pelaksanaan KTT G-20 di Bali.

"Kami menempatkan satu Pesawat Hercules di sini," kata Komandan Satuan Tugas Udara (Dansatgasud) Bandara Banyuwangi, Kolonel Penerbang (Pnb) Wisnu Aji Prabowo, Sabtu (12/11/2022).

"Pesawat C-130 Hercules A-1338 dari skuadron 33 Makasar sudah landing di Banyuwangi. Sifat Pesawat itu digunakan untuk BKO sepanjang berlangsungnya KTT G-20," ungkapnya.

Wisnu mengatakan, pihaknya juga didukung dari pasukan skuadron lain. Contohnya yang baru saja datang 1317 dari skuadron 31 Halim.

Mereka mendukung perbantuan dalam rangka menggeser pasukan yang saat ini berada di Malang.

"Jadi beberapa pasukan kita geser menggunakan pesawat tersebut. Termasuk perlengkapan- perlengkapan yang kita gunakan selama BKO di Banyuwangi ini," terangnya.

Dijelaskan, rencananya TNI AU juga akan menghadirkan pesawat jenis C 295. Pesawat itu digunakan untuk melaksanakan TMC (Teknologi Memodifikasi Cuaca) yang bertujuan meng-cover hujan selama KTT G-20 di Bali.

"Rencana akan ada satu pesawat C295 dari skuadron udara 2 untuk melaksanakan TMC. Satu di Banyuwangi dan satunya lagi di Lombok," ungkap Wisnu.

Selama KTT G20, keberadaan Pesawat Hercules di ujung timur Pulau Jawa ini, memiliki fungsi utama yaitu sebagai stand by kontigensi.

Stand by kontigensi yang dimaksud, apabila terjadi sesuatu di Bali, pihaknya akan mengangkut tamu delegasi ke Banyuwangi.

"Kita angkut delegator yang ada di Bali untuk dibawa ke Banyuwangi. Selanjutnya kita antarkan di mana pesawat mereka diparkir," jelasnya.

Sebagai informasi, Bandara Internasional Banyuwangi juga akan menjadi salah satu tempat parkir pesawat delegasi VVIP atau privat jet negara-negara peserta KTT G-20 di Bali.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/12/153059378/pengamanan-ktt-g20-diperketat-pasukan-tni-dan-pesawat-hercules-siaga-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke