Salin Artikel

Tanggul Kali Plalangan Longsor, BPBD Lamongan Lakukan Penanganan Darurat

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Lamongan, Muhammad Muslimin mengatakan, langkah penanganan darurat dilakukan untuk mencegah kemungkinan banjir.

"Hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir membuat tanggul Kali Plalangan, ada yang sleeding atau longsor. Untuk mencegah kemungkinan banjir, kami lakukan penanganan darurat," ujar Muslimin, kepada awak media, Jumat (11/11/2022).

Muslimin menjelaskan, mulanya masyarakat melapor mengenai longsornya tanggul Kali Plalangan.

Kemudian BPBD Lamongan mendatangi lokasi dan melakukan kajian cepat, hingga diputuskan untuk melakukan langkah penanganan darurat sebagai langkah cepat untuk mencegah supaya tidak sampai terjadi banjir.

"Awalnya itu diketahui oleh salah seorang warga bernama Hari, yang juga perangkat Desa Balun, Kamis (10/11/2022) saat pergi ke tambak. Kemudian dilaporkan kepada kami," ucap Muslimin.

Mendapat laporan tersebut, tim BPBD Lamongan mendatangi lokasi dan menemukan memang ada tanggul Kali Plalangan yang longsor dengan panjang sekitar 30 meteran, dengan kedalaman longsor sekitar 1 meter.

Kondisi yang membuat BPBD Lamongan kemudian melakukan koordinasi dengan pihak desa setempat, termasuk memberikan bahan untuk penanganan darurat.


"Selain melakukan kajian, kami juga memberikan bantuan bahan banjiran berupa 25 gedek, 75 bongkotan (batang bambu), 10 lembar terpal dan beberapa bahan banjiran lainnya untuk langkah penanganan darurat," kata Muslimin.

Selain pada titik tanggul yang dilakukan penanganan darurat dalam agenda kali ini, BPBD Lamongan juga menemukan ada sekitar delapan titik lain tanggul Kali Plalangan, yang juga mengalami kondisi serupa.

Dengan panjang titik tanggul yang longsor bervariasi, dari 15 meter hingga ada yang 30 meter.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/11/181543378/tanggul-kali-plalangan-longsor-bpbd-lamongan-lakukan-penanganan-darurat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke