Salin Artikel

Hujan, Warga Lumajang Kecewa Batal Saksikan Gerhana Bulan Total

Hal itu terjadi lantaran hujan mengguyur Lumajang. Di satu sisi, sejumlah peralatan untuk memantau fenomena gerhana bulan total telah disiapkan.

Dana, salah seorang warga kecewa dengan cuaca yang kurang mendukung.

Dana sengaja mengajak anak lelakinya yang masih berusia lima tahun dan berharap bisa memberikan pengalaman langka ini kepada sang buah hati.

"Sayang sekali cuacanya tidak mendukung, sengaja bawa anak saya ini biar dia tahu sambil belajar juga kan," kata Dana di Lumajang, Selasa (8/11/2022).

Sebelum hujan turun, warga Lumajang bersama Arya Wiraraja Astronomy club dan Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama' (LFNU) telah berkumpul di sekitar alun-alun.

Mereka hendak menyaksikan detik-detik gerhana bulan total.

Namun tiba-tiba hujan mengguyur sehingga warga pun gagal menyaksikan fenomena tersebut meski alat sudah sempat terpasang.


Humas Arya Wiraraja Astronomy Club Faisal Febriansyah menuturkan, pihaknya sengaja mengundang masyarakat di Lumajang untuk menyaksikan secara bersama-sama gerhana bulan total.

Faisal dan tim juga telah menyiapkan peralatan optik agar warga bisa menikmati pemandangan indah itu dengan lebih jelas.

Rencananya, jika cuaca mendukung, warga yang sudah berkumpul akan diberikan kesempatan untuk melihat fenomena itu dengan teleskop.

Selain bisa menikmati momen indah ini, warga juga akan mendapatkan edukasi seputar fenomena gerhana.

"Kecewa sudah tentu, tetapi berhubung faktor cuaca adalah hal yang ada di luar kontrol kami, maka kami hanya bisa ikhlas dan menerima keadaannya, kekecewaan semakin tinggi karena hal ini telah lama kami nantikan," tutur Faisal.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/08/223751778/hujan-warga-lumajang-kecewa-batal-saksikan-gerhana-bulan-total

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke