Salin Artikel

Kisah Vicky, Sebulan Dirawat akibat Tragedi Kanjuruhan, Dipulangkan dan Diduga Masih Depresi

Kepulangan pasien bernama Vicky Hermansyah, warga Kelurahan Kesambi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo itu dilepas oleh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang.

Pantauan Kompas.com, Vicky masih terbaring lemas di tempat tidur. Tatapannya juga kosong, karena diduga masih mengalami depresi.

Bupati Malang, HM Sanusi mengatakan Vicky adalah pasien korban Tragedi Kanjuruhan yang terakhir dirawat di RSUD Kanjuruhan.

Selanjutnya pendampingan medis akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo serta Puskesmas tempat tinggal Vicky.

"Perawatan serta pemantauan pasien ini akan dilanjutkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo," ungkap Sanusi saat ditemui, Rabu.

Sementara biaya perawatan medis selama di RSUD Kanjuruhan, menurut Sanusi ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Malang.

"Pasien masih belum pulih total, saya berharap perkembangan kondisi medisnya terus dikontrol intensif di Sidoarjo," jelasnya.


Direktur Utama RSUD Kanjuruhan, Bobi Prabowo mengatakan rekam medis pasien mengalami ceDirektur Utama RSUD Kanjuruhan, Bobi Prabowo mengatakan rekam medis pasien mengalami cidera otak berat.dera otak berat. Ia sempat mendapat bantuan ventilator selama 2 pekan pascatragedi Kanjuruhan.

"Selain itu, ia juga mengalami infeksi paru-paru. Tapi berhasil tertangani dan berangsur-angsur membaik," terangnya.

Selain medis, Bobi berharap pasien juga mendapat pendampingan psikologis. Sebab Vicky masih terindikasi mengalami depresi.

"Penanganan fisioterapi juga perlu dilakukan pada tangan, leher dan kakinya, akibat terlalu lama berbaring di tempat tidur," ujarnya.

Sebelumnya, menurut Bobi, Vicky koma selama sepekan setelah tragedi Kanjurhan.

"Sedangkan untuk pulih total, pasien diperkirakan butuh waktu selama 6 bulan," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/02/121238578/kisah-vicky-sebulan-dirawat-akibat-tragedi-kanjuruhan-dipulangkan-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke