Salin Artikel

Pria asal Bondowoso Tipu Warga Puluhan Juta, Janjikan Pekerjaan Relawan di Dinkes

Kasatreskrim Polres Bondowoso AKP Agus Purnomo menjelaskan kasus penipuan itu dilakukan pada September 2021 lalu. Awalnya, pelaku menghubungi korban yang merupakan temannya dan menawarkan pekerjaan.

Pelaku menjanjikan korban bisa bekerja sebagai tenaga sukarelawan (Sukwan) pada Dinas Kesehatan Bondowoso. Akhirnya, korban tertarik dengan tawaran tersangka dan berencana memasukkan kedua anaknya agar bisa bekerja.

“Namun tersangka meminta syarat, yaitu menyerahkan sejumlah uang senilai Rp 30 juta,” kata Agus dalam keterangan tertulis Minggu (23/10/2022).

Kemudian, pada September 2021 korban menyerahkan uang yang diminta oleh tersangka. Yakni sejumlah Rp 30.000.000. Namun setelah uang tersebut diserahkan dan diterima oleh tersangka, pekerjaan yang dijanjikan tak kunjung ada.

Bahkan kedua anak korban tidak kunjung mendapat panggilan atau pekerjaan sebagai tenaga sukwan pada Dinas Kesehatan. Akhirnya, korban melaporkan tersebut pada Polres Bondowoso karena sudah mengalami kerugian.

Polisi menyelidiki kasus tersebut dan menangkap pelaku di rumahnya. Dia tak berkutik saat diamankan.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 378 dan atau 372 KUH Pidana tentang Dugaan Tindak Pidana Penipuan dan atau Penggelapan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/23/133035078/pria-asal-bondowoso-tipu-warga-puluhan-juta-janjikan-pekerjaan-relawan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke