Salin Artikel

Longsor di Sukamade Banyuwangi, Suplai Listrik ke Permukiman Penduduk Terganggu

Pohon besar yang tumbang saat longsor, juga mengenai kabel listrik. Sehingga suplai listrik ke pemukiman warga Sukamade, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran, terganggu.

"Listriknya padam karena kabelnya kena pohon," ungkap anggota Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Sarongan, Anang Fauzi kepada Kompas.com, Jumat (14/10/2022).

Anang menyebutkan, terdapat lima pohon besar yang tumbang dan memutus kabel listrik milik PLN. Sehingga, dalam beberapa waktu wilayah SUkamade bakal gelap gulita.

"Untuk memperlancar evakuasi dan keamanan para relawan yang bertugas, PLN telah mematikan aliran listrik menuju Sukamade," ujar Anang.

Penduduk yang masuk kawasan Taman Nasional Meru Betiri tersebut, saat ini terisolasi. Sebab akses jalan lumpuh.

"Longsor terjadi di kilometer 8, pada Jumat (14/10/2022) pagi. Sesaat setelah dilanda hujan deras," ungkap Anang.

Dikonfirmasi terpisah, Manager PLN ULP Jajag Didit Ari Tarmizi menjelaskan, kabel listrik yang tertimpa pohon tumbang tersebut bertegangan 20 Kv.

"Sebenarnya saat pohon tumbang tidak padam, tapi demi keamanan untuk evakuasi maka listrik kami padamkan," terang Didit.

"Terkait kejadian force majeure tanah longsor di daerah Sukamade yang berimbas terhadap jaringan PLN, kami menerjunkan dua regu untuk melakukan evakuasi kabel," ungkap Didit.

Saat ini, progress penormalan jaringan listrik di kawasan Sukamade sudah mencapai 85 persen.

"Kami berupaya agar penormalan jaringan ini sesegera mungkin selesai 100 persen. Malam ini kami bisa normal," ungkap Didit.

Sekretaris BPBD Banyuwangi Mujito mengatakan, petugas mengupayakan bantuan alat berat ke wilayah itu.

"Kami usahakan bantuan alat berat, tapi agak kesulitan di medan untuk menuju lokasi. Karena memang berat," ujar Mujito.

Untuk sementara, upaya pembersihan material longsor dilakukan secara manual oleh relawan FPRB, Destana dan masyarakat setempat.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/14/202718278/longsor-di-sukamade-banyuwangi-suplai-listrik-ke-permukiman-penduduk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke