Salin Artikel

Ada Retakan Tanah di Kebun Kopi Desa Sidomulyo Jember, Berpotensi Longsor ke Jalur KA

Potensi longsor itu tak mengancam perkampungan penduduk, tetapi rawan bagi jalur kereta api Jember-Banyuwangi.

“Hasil kaji cepat tim di lapangan, ditemukan lahan kopi milik Ahmad Mahrus, mengalami retakan tanah dengan lebar dan panjang bervariasi,” kata Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Jember, Mamang Pratidina dalam keterangan tertulis, Kamis (13/10/2022).

Retakan tanah di kebun kopi itu memiliki lebar sekitar 30 hingga 50 centimeter. Panjang retakan sekitar 700 meter mengitari kebun kopi seluas 2 hektar lebih.

"Retakan mulai nampak sejak dua tahun terakhir, " tambah dia.

Mamang menambahkan, retakan itu mengancam fasilitas umum yang berada di dekat lokasi. Sekitar 300 meter dari lokasi itu, terdapat lintasan kereta api Jember-Banyuwangi.

Akses kereta api itu bisa terganggu jika tanah tersebut longsor. Selain itu, longsoran berpotensi menyumbat aliran mata air Sungai Kebun Tanah Manis hingga membentuk bendung alam. Hal itu dikhawatirkan menyebabkan banjir bandang.

“Dampaknya, ribuan warga di Dusun Garahan Kidul Desa Sidomulyo dan Dusun Curah Mas, Desa Pace Kecamatan Silo,” ungkap dia.


Sementara itu, Kepala Desa Sidomulyo Kamiluddin mengakui potensi longsor yang ada di wilayahnya. 

“Yang potensi longsor terutama di kawasan Gunung Gumitir dan Dusun Tanah Manis, apalagi saat musim hujan, hampir dipastikan ada longsor,” tutur dia.

Ia mencontohkan jembatan masuk desa yang berumur sekitar 50 tahun. Jembatan itu, kata dia, sudah kali mengalami longsor pada tahun ini.

Terkait retakan tanah di kebun kopi itu, Kamiluddin sudah melakukan asesmen awal dan melaporkannya kepada BPBD.

“Kalau berkaitan dengan jalan, kami koordinasi dengan Dinas PU,” ujar dia.

Selain itu, pemerintah desa juga memiliki organisasi Desa Tangguh Bencana (Destana) yang aktif. Ketika ada potensi, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pemerintah terkait.

“Seperti tanah di kebun kopi ini, kami sudah koordinasi dengan BPBD Jember,” pungkas dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/13/161003378/ada-retakan-tanah-di-kebun-kopi-desa-sidomulyo-jember-berpotensi-longsor-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke