Salin Artikel

Watimpres Tinjau Stadion Kanjuruhan, Kumpulkan Data Primer untuk Rekomendasi ke Presiden

Menurut Soekarwo, tragedi Kanjuruhan harus segera diusut lantaran telah menjadi perhatian dunia.

"Kasus ini besar. Menjadi perhatian internasional. Jadi kita harus mencari solusi," ungkapnya saat meninjau Stadion Kanjuruhan, Kamis.

Dari hasil peninjauan tersebut, Soekarwo mengaku akan mengumpulkan data primer untuk direkomendasikan kepada Presiden Republik Indonesia.

"Watimpres, diminta atau tidak diminta akan memberikan masukan kepada Presiden. Salah satu yang saya kerjakan adalah data primer. Bagaimana di lapangan," jelasnya.

Meski, menurut Soekarwo tidak ada instruksi khusus dari Presiden Jokowi, namun dia tergerak untuk mendatangi Stadion Kanjuruhan usai Jokowi menekankan agar tragedi itu harus dibeberkan secara terang dan adil.

"Tidak ada instruksi langsung. Tapi sebagaimana pidato presiden, kasus ini harus diungkap terang dan seadil-adilnya. Hasil pengecekan saya nantinya akan kita bawa sebagai bahan pada forum rapat," kata dia.


Sebelumnya diberitakan, tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang terjadi usai laga Arema FC melawan Persebaya, Sabtu (1/10/2022).

Akibat kerusuhan itu, sebanyak 131 orang tewas dan ratusan orang mengalami luka-luka.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/06/161534878/watimpres-tinjau-stadion-kanjuruhan-kumpulkan-data-primer-untuk-rekomendasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke