Salin Artikel

RSSA Identifikasi 17 Jenazah Korban Kerusuhan Suporter di Kanjuruhan

MALANG, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar (RSSA) Malang menerima 17 jenazah korban tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Para jenazah sedang dilakukan identifikasi oleh petugas medis.

Pihak rumah sakit mengimbau kepada masyarakat yang merasa kehilangan anggota keluarganya untuk datang ke rumah sakit tersebut.

"Total ada 17 jenazah yang saat ini ada di sini. Sekarang kami agendakan identifikasi dan keluarga yang merasa kehilangan bisa dicocokkan KTP, pakaiannya," kata Plt Direktur RSSA Malang, Kohar Hari Santoso, pada Minggu (2/10/2022).

Kohar menyebut, pihaknya telah menyiagakan sekitar 200 petugas medis dan fasilitas tambahan yang ada.

"Sampai sejauh ini kapasitas kami masih cukup dari segi personel maupun logistik medis. Kami juga ada fasilitas cadangan kalau nanti jumlahnya (korban) lebih besar. Di samping menangani jenazah maupun korban luka. Kamar-kamar juga kami siagakan," katanya.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan turut berbelasungkawa atas kejadian kerusuhan di Stadion Kanjuruhan. Dia berpesan kepada semua pihak bahwa peristiwa tersebut menjadi pembelajaran bersama.

"Menonton sepakbola itu menang atau kalah hal yang wajar. Mudah-mudahan ini pembelajaran kita semua. Pembelajaran bagi keamanan, Panpel (panitia pelaksana) maupun teman-teman Aremania serta manajemen yang perlu kita lihat," katanya.

Pihaknya juga sudah mendirikan posko atau crisis center di Balai Kota Malang untuk mendata jumlah warga Kota Malang yang hilang dalam tragedi tersebut. Setiap lurah juga diminta untuk mendata warganya.

Sutiaji belum bisa memberikan keterangan tentang jumlah warganya yang menjadi korban.

"Kita identifikasi jumlahnya. Per kelurahan berapa kita update. Jadi saya sekarang juga suruh PSC lakukan. Kan tempat kecil enggak semua orang tahu. PSC saya minta dengan Dinkes, BPBD, Dinsos mangkal di Balai Kota. Data update terus, belum tahu," katanya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/10/02/110513178/rssa-identifikasi-17-jenazah-korban-kerusuhan-suporter-di-kanjuruhan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke