Salin Artikel

Harga BBM Naik, Pengusaha Pertashop di Lumajang Terancam Gulung Tikar

Pertashop adalah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang hanya melayani pembelian Pertamax. SPBU ini merupakan UMKM bentukan pemerintah melalui PT Pertamina.

Salah satu pengusaha pertashop di Desa Gesang, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Mahendra mengatakan, omzet dagangannya turun drastis sejak harga BBM naik pada 1 April 2022.

Sebelum harga BBM naik, ia mengaku bisa menjual 700-1.000 liter BBM per hari. Kini, ia hanya mampu menjual 100 liter BBM per hari.

Padahal, ia harus menggaji karyawan dan membayar biaya operasional lain seperti listrik. Tak heran, usahanya kini berada di ujung tanduk.

"Pasca kenaikan 1 April omzet kita turun drastis dan rata-rata dari 35 pertashop di Lumajang terancam bangkrut karena rata-rata pakai dana talangan dari bank," kata Mahendra di Lumajang, Jumat (30/9/2022).

Menurutnya, perbedaan harga antara Pertalite dan Pertamax kini terlalu jauh, sehingga masyarakat memilih membeli yang lebih murah.

Perbedaan harga yang dimaksud yakni sekitar Rp 4.500 per liter. Padahal, dulu perbedaannya hanya Rp 1.500 per liter.

"Kita juga bingung dengan kebijakan pemerintah, karena niatnya kan agar masyarakat bisa dapatkan BBM dengan satu harga,," tutur Mahendra.

"Sebenarnya, teman-teman ini sudah tidak sanggup, mau tutup malu, mau buka tapi terus merugi," imbuhnya.


Sementara, Ketua Paguyuban Pertashop Lumajang Roni Santoso berharap, dengan turunnya harga minyak dunia saat ini, bisa menjadi pertimbangan pemerintah untuk menurunkan kembali harga BBM.

Kondisi sekarang membuat para pengusaha pertashop selalu nombok.

Menurut Roni, idealnya Pertashop menjual 400 liter Pertamax per hari selama empat tahun untuk bisa memenuhi titik impas (BEP).

"Harapannya, pemerintah bisa menurunkan kembali harga BBM dan tidak membuat perbedaan harga cukup jauh, di Makassar sudah banyak yang tutup, ini di Lumajang sudah 75 persen hampir tutup juga," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/30/142400678/harga-bbm-naik-pengusaha-pertashop-di-lumajang-terancam-gulung-tikar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke