Salin Artikel

Pabrik Tripleks di Lumajang Terbakar, Diduga akibat Mesin Blower Terlalu Panas

LUMAJANG, KOMPAS.com - Pabrik pengolahan kayu di Desa Klakah, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terbakar, Kamis (29/9/2022) sekira pukul 15.00 WIB. Api tampak berkobar di lokasi produksi tripleks.

Saat itu, proses produksi tripleks masih berlangsung sehingga masih banyak karyawan pabrik yang beraktivitas. Akibatnya, mereka geger akibat kebakaran itu.

Komandan Koramil Klakah, Kapten Inf Erwin Daud, mengatakan, api pertama kali muncul di area sekitar limbah kayu yang berdekatan dengan mesin blower.

Kuat dugaan, masin blower terlalu panas atau overheat hingga menyebabkan limbah kayu yang menempel di mesin itu terbakar.

"Dugaan sementara karena ada limbah yang menempel di mesin saat overheat, karena kayu mudah terbakar jadi api cepat membesar," kata Erwin di Lumajang, Kamis.

Saat api mulai berkobar, para karyawan pabrik berusaha untuk memadamkan. Namun, para pegawai tidak mampu memadamkan api karena membesar dengan cepat.

Api baru bisa dipadamkan setelah dua mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi. Banyaknya limbah kayu membuat petugas kesulitan memadamkan api.

Sebab, terdapat bara api di bawah tumpukan limbah yang bisa menyulut api kembali membesar.

Api baru bisa dipadamkan sekitar 1,5 jam kemudian.

Petugas memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

"Korban jiwa nihil, kerugian masih dihitung," pungkas Erwin.

Belum diketahui jumlah kerugian akibat kebakaran tersebut.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/29/223238178/pabrik-tripleks-di-lumajang-terbakar-diduga-akibat-mesin-blower-terlalu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke