Salin Artikel

Melihat Sumur di Desa Semanding Ponorogo, Saksi Bisu Pelarian Tokoh PKI Muso

Setelah upaya pemberontakan itu, tokoh PKI asal Kediri itu melarikan diri ke Kabupaten Ponorogo karena dikejar tentara Indonesia.

Di Bumi Reog, Muso tak berkutik setelah terkepung tentara. Tokoh PKI itu akhirnya tertembak di dekat sumur milik warga Dusun Krajan, Desa Semanding, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, pada 31 Oktober 1948.

Meski peristiwa penembakan Muso terjadi 74 tahun lalu, sumur yang yang jadi tempat persembunyian terakhir tokoh PKI itu masih utuh.

Sumur milik almarhum Sidek itu tetap dipertahankan sampai sekarang oleh anaknya.

Kepala Desa Semanding Suparman mengatakan, sumur tempat persembunyian Muso saat dikejar tentara Indonesia itu masih utuh. Pemilik rumah membiarkan sumur itu seperti bentukan aslinya, tak direnovasi.

Bahkan, sejumlah siswa kerap mengunjungi sumur itu untuk mempelajari sejarah pemberontak PKI pada 1948.

“Kadang anak-anak sekolah masih datang ke sana untuk belajar sejarah. Selain ada warga umum lainnya yang juga datang karena ingin melihat tempat bersejarah tersebut,” ujar Suparman kepada Kompas.com, Rabu (28/9/2022).

Menurut Suparman, sumur itu menjadi tempat persembunyian terakhir tokoh PKI itu dalam pelarian dari Madiun ke Ponorogo.

Sebelum bersembunyi di sumur itu, Muso dan anak buahnya sempat terlibat dalam baku tembak dengan tentara Indonesia.

“Menurut cerita waktu Muso naik delman dari utara ke selatan. Sesampainya di Dusun Krajan, Desa Semanding, berpapasan dengan tentara Indonesia yang kemudian di situ terjadi baku tembak,” kata Suparman.


Saat baku tembak, kata Suparman, Muso terdesak lalu melarikan diri ke Desa Semanding. Muso lalu bersembunyi di sumur milik Sidek.

Di sumur itu, Muso tertembak pasukan tentara Indonesia.

“Sumur itu berada di belakang (rumah) Mbah Sidek. Sampai saat ini keberadaan sumur masih ada. Dan di situ ada tempat mandi. Dan di situlah salah satu gembong PKI tertembak dan ditangkap tentara,” ungkap Suparman.

Suparman menyebut, orangtua Sidek merupakan orang pertama yang mengetahui Muso bersembunyi di sumurnya.

“Muso tertembak setelah ketahuan bersembunyi di kamar mandi sekitar sumur itu. Setelah tertembak Muso dibawa ke rumah sakit,” kata Suparman.

Kini, sumur itu menjadi saksi sejarah pelarian tokoh PKI saat dikejar tentara Indonesia usai melakukan pemberontakan di Madiun.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/29/174902578/melihat-sumur-di-desa-semanding-ponorogo-saksi-bisu-pelarian-tokoh-pki-muso

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke