Salin Artikel

Jambret Penyasar Perhiasan Lansia di Probolinggo Ditangkap, Selalu Bawa Tongkat Besi

Pelaku adalah DAP (28), warga Desa Kalisalam, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Dia ditangkap petugas kepolisian Polres Probolinggo Kota.

Kepala Satuan Reskrim Polres Probolinggo Kota AKP Jamal menerangkan, pelaku merupakan spesialis jambret dengan sasaran perempuan lansia.

"Pelaku mengincar perhiasan yang dikenakan korban. Ia melakukan penjambretan perhiasan berupa sebuah kalung jenis mecanu dengan berat 7,9 gram milik korban J (70) warga Jl. Kencono Wungu, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo pada 20 Juni 2022 lalu sekitar jam 06.00 WIB di depan rumah korban saat sedang menyapu," jelas Jamal, Sabtu (24/09/22).

Jamal menjelaskan, kasus itu terungkap dan pelakunya ditangkap setelah salah satu saksi mengenalinya usai menjambretan pada Sabtu (17/9/2022), sekitar pukul 06.00 WIB di depan rumah korban S (57) warga Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Polisi kemudian mendatangi TKP dan menangkap pelaku di tempat persembunyiannya, serta mengamankan bukti video CCTV belum lama ini.

Penjambretan di Jalan Letjen Suprapto tersebut tidak berhasil karena kalung yang sudah putus saat ditarik paksa masih menyangkut di baju korban.

Korban yang kaget lalu berteriak maling hingga tersangka melarikan diri.

"Setiap melancarkan aksinya, pelaku membawa tongkat pemukul besi lipat," terang Jamal.


Selain itu, polisi menyita barang bukti berupa sepeda motor Satria FU warna putih biru dan pakaian yang dikenakan oleh pelaku saat menjambret di dua TKP.

Tersangka dijerat dengan Pasal 362 KUHP, dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Sebelumnya diberitakan, seorang nenek warga Probolinggi berinisial J menjadi korban penjambretan saat menyapu halaman di depan rumahnya pada Senin (20/6/2022) pagi.

Ia menjadi korban penjambretan untuk kedua kalinya.

J dijambret orang tak dikenal. Ia sampai tak bisa berteriak meminta tolong karena terkejut dan tak menyangka akan mengalami hal itu.

Kejadian tersebut sempat terekam CCTV milik tetangganya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/24/174802178/jambret-penyasar-perhiasan-lansia-di-probolinggo-ditangkap-selalu-bawa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke