Salin Artikel

Air Sungai di Jombang Mendadak Berwarna Coklat Kemerahan

Warna air sungai yang berubah coklat agak kemerahan tersebut berada tepat di hilir Bendung Mojoranu atau Dam Songkar. Panjang sungai yang airnya berubah warna sekitar 1 kilometer.

Ilma Khoirun Nisa (22), warga setempat mengungkapkan, perubahan warna air sungai di desanya diketahui sejak Jumat (23/9/2022) pagi. 

Sebelumnya, ujar dia, warna air sungai yang melintas di desanya masih normal, meski tidak cukup jernih. 

“Tadi kata orang-orang, warna merah itu sudah sejak pagi. Enggak tahu kenapa berubah merah, kemarin sih enggak begitu warnanya,” kata Nisa, kepada Kompas.com, Jumat.

Dia mengungkapkan, fenomena perubahan warna air sungai Desa Tanggalrejo sudah terjadi dua kali selama 2022 ini.

Meski warna air sungai berubah merah, namun kata Nisa, perubahan kali ini tidak memicu munculnya bau tidak sedap atau dampak lainnya.

“Ini sudah dua kali. Kalau yang dulu sih lumayan parah, sampai ada bau tidak sedap. Tapi sekarang tidak bau,” ujar Nisa. 


2 kali setahun

Kepala Desa Tanggalrejo Wahyu Dimas Ramadhana mengungkapkan, fenomena perubahan warna air sungai sudah terjadi selama dua kali dalam setahun ini.

Dimas menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jombang terkait fenomena perubahan warga air sungai di desanya.

Sejauh ini, ujar dia, belum diketahui secara pasti penyebab perubahan warna air sungai di Desa Tanggalrejo.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait, sudah ada pengambilan sampel sebagai tindak lanjut untuk mengetahui apa (penyebab) yang sebenarnya,” kata Dimas.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/23/195705078/air-sungai-di-jombang-mendadak-berwarna-coklat-kemerahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke