Salin Artikel

"Kami Bersyukur Masuknya Timnas ke Piala Asia U20, Kemenangan Kemarin Itu Serasa Final"

Pada babak kualifikasi, Indonesia meraih tiga kemenangan dan unggur dari Vietnam, Timor Leste, dan Hongkong.

Berstatus juara grup F, Indonesia dinyatakan lolos langsung ke putaran final Piala Asia U20 2023 di Uzbekistan. Lolosnya Indonesia, tak lepas dari kemenangan dramatis melawan Vietnam.

Rahmat Beri Santoso, salah satu penggawa Timnas Indonesia U20, bersyukur atas kemenangan melawan Vietnam.

Apalagi, kemenangan tersebut memastikan Indonesia bisa tampil dalam putaran final Piala Asia U20 di Uzbekistan tahun depan.

“Saya dan teman-teman, bersyukur dan cukup bangga atas masuknya Timnas (Indonesia) ke piala Asia U-20. Kemenangan kemarin itu serasa final, senang sekali kami bisa menang,” ujar Rahmat, saat ditemui di rumah orang tuanya, Selasa (20/9/2022).

Laga timnas U20 Indonesia vs Vietnam digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (18/9/2022) malam.

Kemenangan Timnas U20 Indonesia cukup dramatis. Penggawa timnas sempat tertinggal 1-2 dari Vietnam. Mereka lalu membalikkan keadaan dan meraih kemenangan 3-2.

Menurut Rahmat, kemenangan atas Vietnam memiliki makna luar biasa bagi pemain lainnya.

Selain menjadikan Indonesia juara grup F babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023, kemenangan tersebut juga membuat lega para pemain timnas.


Apalagi, lanjut dia, kemenangan atas Vietnam diraih dengan perjuangan ekstra dan berlangsung dramatis.

“Skornya habis 1-0, terus 1-1, kemudian 2-1, terus dua sama. Alhamdulilah, sampai akhirnya kita menang. Kemenangan kemarin itu bikin lega, puas,” kata Rahmat.

Seusai kualifikasi, Rahmat menyempatkan diri pulang ke kampung halamannya, di Dusun Cangkringmalang, Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Pemain dengan nomor punggung 21 pada ajang kualifikasi Piala Asia U20 tersebut, tiba di rumah orangtuanya, pada Selasa (20/9/2022) pukul 01.00 WIB.

Rahmat Beri merupakan pemain kelahiran Jombang, 2 Februari 2004. Dia merupakan anak dari pasangan Mariono-Eli Prasetyo Wati, yang tinggal di di Dusun Cangkringmalang, Desa Carangrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang.

Karirnya diawali menimba ilmu sepakbola di SSB Pesawat FC di Desa Watudakon, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang.

Rahmat kemudian bergabung dengan Persebaya Surabaya junior pada 2019. Di tim tersebut, ia bergabung tim U15.

Pada 2021, Rahmat mengikuti seleksi di Barito Putera junior dan dinyatakan lolos. Pada Liga 1 musim 2022-2023, dia bergabung dengan tim senior dan sudah memainkan enam pertandingan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/21/060000778/-kami-bersyukur-masuknya-timnas-ke-piala-asia-u20-kemenangan-kemarin-itu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke