Salin Artikel

Tim SAR Hentikan Pencarian Mahasiswa Pasuruan yang Hilang di Bukit Krapyak Mojokerto

Mahasiswa itu dinyatakan hilang sejak Minggu (11/9/2022). Namun, hingga Senin (19/9/2022) atau hari kesembilan sejak dinyatakan hilang, sosoknya belum ditemukan. 

Komandan Tim Basarnas Surabaya Octavino mengatakan, sesuai SOP, operasi pencarian harus dihentikan meski keberadaan korban belum ditemukan. 

Mengacu SOP, pencarian korban hilang dilakukan selama tujuh hari. Adapun pencarian Raffi yang hilang sejak Minggu (11/92022), dilakukan sejak hari itu oleh petugas gabungan dari berbagai instansi dan komunitas relawan.

"Pencarian orang hilang di Bukit Krapyak dihentikan oleh Basarnas. Termasuk Posko pencarian orang hilang yang dipusatkan di Grenjengan juga ditutup," ujar Octavino saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (19/9/2022) malam.

Meski dihentikan, lanjut dia, pencarian dengan skala kecil akan terus dilakukan. Pencarian secara mandiri juga akan dilakukan oleh pihak keluarga.

Octavino menjelaskan, operasi pencarian akan kembali dilakukan jika ke depannya ditemukan petunjuk atau tanda-tanda keberadaan korban. 


Dia berharap, jika ada masyarakat atau pihak keluarga korban yang menemukan tanda-tanda keberadaan korban bisa menghubungi pihak pengelola kawasan wisata Bukti Krapyak atau Perhutani.

“Misalnya ada warga yang mencari pakan ternak di kawasan Bukit Krapyak, menemukan tanda-tanda keberadaan korban, mohon segera memberi informasi ke Perhutani," kata Octavino.

Dia menambahkan, selama periode pencarian Raffi, berbagai upaya telah dilakukan tim SAR gabungan untuk menemukan jejak keberadaan korban. Namun hingga hari kesembilan, pencarian belum membuahkan hasil.

Selain dilakukan oleh Basarnas Surabaya, pencarian keberadaan Raffi juga dilakukan puluhan petugas dan relawan gabungan. Petugas gabungan tersebut dari TNI/Polri, Perhutani BKPH Pacet, Polhut Tahura, serta pengelola wisata dan komunitas Pecinta Alam Padusan.

Selain itu, pencarian juga melibatkan relawan dari LMDH Pesona Alam lestari dan sejumlah relawan seperti LPBINU, Welirang Community serta warga setempat.

Sebelumnya diberitakan, seorang pendaki bernama Raffi  hilang saat berkemah di bukit Krapyak, Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Raffi diketahui adalah warga Desa Pekoren, Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Sebelum dinyatakan hilang, Raffi bersama 10 orang temannya masuk ke loket kawasan perkemahan di Bukit Krapyak sejak Sabtu (10/09//2022) sekitar pukul 18.30 WIB. 

Raffi dan teman-temannya kemudian mendirikan tenda di petak 24C RPH Claket, BKPH Pacet, KPH Pasuruan.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/20/060509578/tim-sar-hentikan-pencarian-mahasiswa-pasuruan-yang-hilang-di-bukit-krapyak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke