Salin Artikel

Pilot-Kopilot Pesawat Latih Bonanza yang Jatuh di Selat Madura Dapat Kenaikan Pangkat dari TNI AL

Pilot yang berada dalam pesawat itu adalah Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dengan jabatan Wadan Pesud 2 Flight II Ron 200, alumnus AAL Angkatan 62 dan beralamat tinggal di Jalan Patria Permai V BA-01 Surabaya.

Sedangkan kopilot Letda Laut (P) Dendy Kresna Bakti menjabat Wadan Pesud 1 Flight II Ron 600, beralamat tinggal di Jalan Kawi No 3 Komplek Lanudal Juanda.

"Keduanya sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia," kata Kadispenal TNI AL Laksma Julius Widjojono kepada Kompas.com, Kamis (8/9/2022).

Ia menyampaikan, atas insiden kecelakaan pesawat latih tersebut, TNI AL memberi kenaikan pangkat kepada Lettu Laut (P) Judistira Eka Permandy dan Letda Laut (P) Dendy Kresna Bakti yang telah gugur berupa kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi.

"Kepada anggota TNI AL yang telah gugur tersebut, dinaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi. Lettu Judistira menjadi Kapten, sedangkan Letda Dendy menjadi Lettu," ujar Julius.

Ia menambahkan, jenazah pilot dan kopilot pesawat latih TNI AL G-36 Bonanza T-2503 itu disemayamkan di Wisma Perwira dan akan dimakamkan di Taman Makam Bahagia TNI AL di Kecamatan Sedati, Sidoarjo, pada Jumat (9/9/2022).


"Besok tanggal 9 September 2022, jenazah akan dimakamkan di Juanda, tepatnya di Taman Makam Bahagia TNI AL Ds. Gisik Gebang, Kelurahan Gisik Cemandi, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, selesai shalat Jumat," kata Julius menambahkan.

Sampai saat ini, TNI AL masih mencari tahu penyebab jatuhnya pesawat T-2503. Proses investigasi saat ini tengah berlangsung pasca pesawat dilakukan evakuasi dari laut.

"Masih belum diketahui, menunggu investigasi setelah pesawat dievakuasi dari laut," tutur dia.

Pesawat latih milik TNI AL jenis G-36 Bonanza T-2503 jatuh di Selat Madura pada Rabu (7/9/2022) sekitar pukul 09.30 WIB.

"Benar, telah terjadi musibah kecelakaan jatuhnya pesawat udara (pesud) jenis G-36 Bonanza T-2503 milik TNI AL tadi pagi," kata Kadispen Koarmada II Letkol Asep Ardiansyah dihubungi Kompas.com, Rabu (7/9/2022).

Ia menjelaskan, pesawat latih milik TNI AL itu jatuh di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS).

"Pesawat tersebut terjatuh atau mengalami kecalakaan saat melaksanakan latihan dengan KRI-KRI di jajaran Koarmada II," ujar Asep.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/08/190322878/pilot-kopilot-pesawat-latih-bonanza-yang-jatuh-di-selat-madura-dapat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke