Salin Artikel

Merawat dan Menerangi Sungai dengan Pembangkit Listrik Alternatif

MALANG, KOMPAS.com - Komunitas pegiat lingkungan Kaliku yang berbasis di Desa Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang, Jawa Timur, punya cara unik untuk merawat Sungai Anak Molek yang berada di Desa Pakisaji.

Mereka memberikan penerangan di sepanjang sungai dengan pembangkit listrik alternatif, yakni menggunakan pembangkit listrik tenaga air yang dibangun melalui kerja sama dengan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

"Pemberian penerangan di sepanjang sungai ini adalah sebagai salah satu menjaga kelestarian sungai. Jadi supaya terkesan lebih hidup," ungkap Ketua Komunitas Kaliku, Sugeng Widodo saat ditemui, Rabu (7/9/2022).

Pembangkit listrik tenaga air itu menggunakan turbin berdiameter 2 meter, yang mampu mengalirkan arus listrik searah atau direct current (DC) bertegangan 80 watt.

"Alat pembangkit ini sudah dibangun sejak satu tahun lalu, yang diinstalasi atas program pengabdian mahasiswa ITN Malang," jelasnya.

Dengan adanya penerangan tersebut, Komunitas Kaliku kerap menggelar kegiatan, seperti konser musik lokal hingga pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di malam hari.

Selain kegiatan sosial budaya, Komunitas Kaliku juga rutin membersihkan sampah di area sungai tersebut.

"Sampah-sampah dari hasil pembersihan di sekitar sungai kami olah kembali menjadi pupuk organik," katanya.

Kemudian, lingkungan-lingkungan di bantaran sungai juga dirawat dan ditanami tanaman hias menjadi taman dengan dilengkapi beberapa bangunan gazebo di sepajang sungai.

"Gazebo ini kami proyeksikan untuk warga luar kota yang datang ke sini, yang ingin menikmati lingkungan sungai. Karena desa kami kerap dikunjungi warga luar kota hingga luar negeri, untuk tujuan berlatih gulat. Sebab, di desa kami ada kamp gulat. Kalau mereka ingin suasana sejuk kami ajak ke sungai ini," pungkasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/08/065649278/merawat-dan-menerangi-sungai-dengan-pembangkit-listrik-alternatif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke