Salin Artikel

Khofifah Minta Warga Jatim Tak "Panic Buying" BBM dan LPG, Sebut Stok Aman

Dia memastikan, stok BBM dan LPG di Jatim menurut dia aman bahkan sampai sebulan ke depan.

"Hasil koordinasi kami dengan Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, stok BBM dan LPG Jatim aman hingga 30 hari ke depan," katanya melalui keterangan resminya, Jumat (2/9/2022).

Menurut dia, tidak hanya stok BBM dan LPG yang aman, polisi dan TNI juga menjamin proses distribusi sehingga dapat tersalurkan dengan lancar.

"Saya juga meminta kepada Bupati/Wali Kota untuk ikut mengawal agar distribusi BBM dan LPG di daerah aman. Terutama stok BBM untuk para nelayan ataupun alat dan mesin pertanian," ucapnya.

Sebelumnya, Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus mencatat kenaikan permintaan sejak isu rencana kenaikan BBM jenis Pertalite beberapa waktu terakhir, ramai dibicarakan.

Menurut Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Deden Mochamad Idhani, kenaikan permintaan konsumen di wilayah Jatimbalinus tercatat naik 5-7 persen.

"Ada kenaikan permintaan sebesar 5-7 persen," katanya melalui keterangan resminya Kamis (25/8/2022) malam.


Saat ini penyaluran harian BBM untuk jenis gasoline (Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo) di wilayah Jatimbalinus sebesar 18.800 Kiloliter (KL) per hari.

Sementara untuk BBM jenis Gasoil (Solar, Dexlite dan Pertamina Dex) sebesar 9.000 KL per hari.

Dia berharap, masyarakat di wilayah Jatimbalinus tidak panik merespons kabar rencana kenaikan BBM bersubsidi jenis Pertalite beberapa waktu terakhir. Pertamina menjamin stok BBM di wilayah Jatimbalinus aman.

"Kami mengimbau kepada konsumen untuk tidak perlu khawatir dan tidak panik membeli karena stok BBM di seluruh Terminal BBM Jatimbalinus saat ini aman," ujarnya.

Pihaknya khawatir, panic buying akan menyebabkan stok di SPBU cepat habis.

"Jika stok cepat habis, dibutuhkan waktu penyaluran tambahan dari mobil tangki ke SPBU untuk mengisi kembali," terangnya.

Untuk wilayah Jatimbalinus, pihaknya memiliki 19 lokasi Fuel Terminal, 8 Supply Point LPG, 13 lokasi Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) dan lebih dari 1.400 unit SPBU.

PT. Pertamina Patra Niaga, kata Deden, akan tetap patuh pada kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah melalui Pertamina Holding.

"Apa pun kebijakan mengenai distribusi energi seperti BBM, LPG, Petrokimia, Avtur dan produk turunan lainnya pada prinsipnya kami siap menjalankan dan menerapkan kebijakan dari pemerintah tersebut," pungkas Deden.

Pemerintah dikabarkan akan melakukan penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi jenis Pertalite dan Solar.

Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, jika kenaikan harga BBM subsidi tidak dilakukan, anggaran subsidi dan kompensasi energi akan kembali membengkak sebesar Rp 198 triliun.

"Kami perkirakan subsidi itu harus nambah lagi, bahkan bisa mencapai Rp 198 triliun, menjadi di atas Rp 502,4 triliun. Jadi nambah, kalau kita tidak menaikkan (harga) BBM, kalau tidak dilakukan apa-apa, tidak ada pembatasan," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Selasa (23/8/2022). 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/09/02/142223178/khofifah-minta-warga-jatim-tak-panic-buying-bbm-dan-lpg-sebut-stok-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke