Salin Artikel

Jelang HUT RI, Polisi Gelar Pawai Keselamatan Berlalu Lintas, Libatkan 39 SD di Lamongan

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Lamongan, AKP Aristianto Budi Sutrisno mengatakan, pawai itu digelar untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya tertib berlalu lintas.

Pawai itu melibatkan ribuan anak sekolah dasar yang mengenakan pakaian adat daerah dan beragam profesi.

Mereka memakai pakaian tentara, dokter, polisi, dan pakaian adat dari seluruh penjuru nusantara. Para siswa itu berkeliling sambil membawa poster berisi imbauan dan dikawal kendaraan patroli polisi lalu lintas.

"Ini wujud kolaborasi dengan 39 SD yang ada di Kabupaten Lamongan, guna mengampanyekan tertib berlalu lintas. Anak-anak membawa imbauan untuk tidak ngebut, pakai helm SNI dan lain sebagainya," ujar Aristianto di Lamongan, Selasa.

Kegiatan itu mendapat apresiasi dari staf pengajar dan guru SD di Lamongan. Salah satu guru SD Kemala Bhayangkari 05 Lamongan, Deny mengatakan, agenda ini seharusnya sering digelar.

Selain menumbuhkan kesadaran masyarakat, kegiatan itu juga memberikan pelajaran tertib berlalu lintas kepada para siswa.

"Kegiatan ini baru pertama dan sangat menarik, karena pawai melibatkan polisi yang juga ikut kirab keliling kota bersama anak-anak. Tadi anak didik kami juga ikut membawa imbauan keselamatan, biar dibaca orang banyak," tutur Deny.

Sejumlah warga, kata dia, meminta foto bareng polisi wanita (polwan) saat pawai tersebut digelar.

"Sosok humanis polisi, diharapkan muncul dengan hadirnya polisi di tengah warga Lamongan. Saya sudah memperintahkan kepada Kasatlantas untuk mengawal kegiatan ini dengan baik," tutur Yakhob.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/16/191432278/jelang-hut-ri-polisi-gelar-pawai-keselamatan-berlalu-lintas-libatkan-39-sd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke