Salin Artikel

Mortir Diduga Sisa Perang Dunia II yang Tersangkut Jaring Nelayan di Lamongan Diledakkan

Mortir tersebut tersangkut di jaring yang ditebar oleh Aman ke laut guna mencari ikan.

"Sudah dilakukan evakuasi oleh tim Jibom Gegana Polda Jatim. Awalnya yang bersangkutan tidak menyangka, namun setelah (jaring) diangkat ke perahu ternyata ada yang menyangkut di jaring dan itu ternyata sebuah mortir," ujar Pj Danramil Paciran Lamongan Peltu Zainudin, saat dikonfirmasi awak media, Minggu (14/8/2022).

Zainudin menjelaskan, temuan mortir tersebut sempat dibawa oleh Aman ke pos nelayan sekitar pukul 00.25 WIB, Minggu dini hari.

Kemudian ia melaporkan kepada petugas dan sekitar lokasi lantas dipasangi garis polisi dan dijaga sembari menunggu kedatangan tim Jibom Gegana Polda Jatim.

"Mendapat laporan, anggota piket Koramil 0812/17 Paciran bersama Polsek Paciran dan Polairud, kemudian mengecek temuan mortir dengan mendatangi lokasi," kata Zainudin.

Tim Jibom Gegana Polda Jatim akhirnya tiba di pos nelayan Desa Sidokumpul sekitar pukul 10.30 WIB.

Pengangkatan serta proses evakuasi temuan mortir kemudian dilakukan. Sekitar pukul 11.45 WIB semua proses telah selesai dilaksanakan dan tim kembali ke Surabaya.

"Alhamdulillah, proses evakuasi berjalan dengan tertib, lancar, dan aman," ucap Zainudin.

Adapun temuan mortir yang ditengarai sisa Perang Dunia II tersebut memiliki panjang sekitar 70 sentimeter, dengan diameter sekitar 40 sentimeter.

Proses evakuasi terhadap mortir yang ditemukan tersebut dipimpin oleh Kanit II Jibom Gegana Polda Jatim Aipda Agus Hariyono.

"Temuan (mortir) sudah diamankan dan diledakkan dari pihak kepolisian," tutur Dandim 0812 Lamongan Letkol Kav Endi Siswanto, saat dikonfirmasi terpisah.

Sementara Kapolsek Paciran Iptu Achmad Purnomo membenarkan temuan mortir tersebut telah dievakuasi oleh Jibom Gegana Polda Jatim. Sementara pihaknya turut membantu pengamanan di sekitar lokasi.

"Ditemukan oleh nelayan bernama Anam, warga Desa Sidokumpul. Tadi dibawa tim Gegana, dengan kami hanya bantu melakukan pengamanan saja," kata Purnomo.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/14/214116778/mortir-diduga-sisa-perang-dunia-ii-yang-tersangkut-jaring-nelayan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke