Salin Artikel

5 Desa di Kota Batu Gelar Pilkades, Polisi Siapkan 230 Personel Pengamanan

Beberapa waktu lalu, sejumlah warga di Desa Pesanggarahan membuat petisi dengan membentangkan kain yang berisi tanda tangan. Petisi itu memprotes penetapan calon kades kepada panitia.

Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin mengatakan, sebanyak 230 personel dilibatkan dalam pengamanan pilkades.

"Personelnya juga kita sampaikan apa saja tahapannya, kemudian kita sudah melaksanakan latihan kepada personel untuk mengantisipasi apabila ada pergerakan massa yang nantinya mengganggu terhadap aktivitas pemilihan kades ini," kata Oskar di Batu, Kamis (4/8/2022).

Polisi juga menentukan pola pengamanan yang akan dilakukan saat pilkades. Nantinya, terdapat dua personel Polri dan empat anggota Linmas di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

"Untuk titik kerawanan ada dua desa, di Desa Pesanggrahan dan Desa Pandanrejo, juga sudah kita fokuskan ada satu pleton Brimob yang kita tempatkan disana untuk mengantisipasi," katanya.

Terdapat lima desa yang menggelar pilkades pada 2022. Yakni, Desa Pandanrejo, Desa Bulukerto, Desa Sumbergondo, dan Desa Sumber Brantas di Kecamatan Bumiaju.

Lalu, Desa Pesanggrahan di Kecamatan Batu.

Sedangkan untuk tahapan pilkades di antaranya, penetapan cakades dan nomor urut diumumkan pada 30 Juli. Setelah itu masa kampanye selama tiga hari mulai 19-21 Agustus. Selanjutnya pemungutan dan penghitungan suara digelar pada 28 Agustus.

Untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya juga sudah mendatangi panitia Pilkades Kota Batu 2022. Termasuk berkoordinasi dengan para tokoh yang ada di masing-masing desa untuk menyukseskan jalannya pilkades.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/08/05/080521278/5-desa-di-kota-batu-gelar-pilkades-polisi-siapkan-230-personel-pengamanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke