Salin Artikel

Antisipasi Letusan Gunung Raung, BPBD Banyuwangi Siapkan Masker bagi Warga

Langkah tersebut disiapkan jika dampak yang ditimbulkan akibat erupsi gunung setinggi 3.332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu mengarah ke Banyuwangi.

"Antisipasi sementara, pembagian masker apabila abu mengarah ke Banyuwangi," kata Kalaksa BPBD Banyuwangi Ilzam Nuzuli, Kamis (28/7/2022).

Terkait langkah tepat dan detail yang akan diambil, BPBD Banyuwangi masih menunggu perkembangan situasi dan kondisi.

"Sementara memantau informasi perkembangan aktivitas Gunung Raung," ujar Ilzam.

Sebelumnya Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) menyampaikan bahwa arah angin abu vulkanik mengarah ke barat dan barat daya menuju Kabupaten Bondowoso dan Jember.

Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) PPGA Raung telah mengumumkan kabar terbaru terkait kondisi Gunung Raung.

Berdasarkan periode pengamatan pada Rabu (27/7/2022) pukul 00.00 - 24.00 WIB, kondisi cuaca berawan dan mendung.

Angin bertiup lemah ke arah utara dan selatan dengan suhu udara 18-30 derajat celcius. Sedangkan visual gunung tersebut terlihat jelas.

"Pagi ini asap kawah Gunung Raung tidak teramati," demikian rilis yang diterima Kompas.com dari Petugas Pos PGA Raung, Burhan Alethea.

Gunung Raung diketahui meletus pada Rabu petang. 

Gunung itu mengeluarkan abu vulkanik berwarna cokelat kelabu setinggi 1500 meter dari atas puncak pada kurun waktu pukul 17.19 - 17.28 WIB. 

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/28/105651378/antisipasi-letusan-gunung-raung-bpbd-banyuwangi-siapkan-masker-bagi-warga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke