Salin Artikel

Rekening Bank Milik IRT di Tuban Dibobol, Tabungan Rp 40 Juta Raib

TUBAN, KOMPAS.com - Seorang ibu rumah tangga bernama Dwi Ratnawati (39), warga Desa Dawung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, menjadi korban pembobolan rekening bank.

Uang sebanyak Rp 40 juta yang ditabungnya di rekening bank BUMN dikuras habis oleh orang tak dikenal saat berada di anjungan ATM sekitar SPBU Sleko, Tuban.

Dwi Ratnawati menceritakan, awalnya dirinya hendak mengambil uang tunai melalu mesin ATM, Selasa (26/7/2022). Tetapi, saat kartu ATM dimasukkan ke dalam mesin, ternyata tertolak dan tidak bisa bertransaksi.

Bantuan pria tak dikenal

Dalam kesulitan itu, tiba-tiba datang seorang pria yang memiliki ciri-ciri kulit putih, tinggi dan memakai baju putih menawarkan bantuan untuk memasukkan kartu ATM korban.

Korban yang tidak menaruh curiga langsung memberikan kartu ATM miliknya kepada pria yang tidak dikenalnya tersebut.

Selanjutnya, pria tersebut pun berhasil membantu memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM dan meminta kode PIN untuk masuk bertransaksi.

Namun, saat kode PIN ATM dimasukkan, ternyata sistem tetap tidak bisa mendeteksi atau membaca kartu ATM yang telah dimasukkan dan justru kartu ATM tertelan tidak bisa keluar.

Akibat kejadian tersebut, korban bergegas menuju ke kantor bank tersebut untuk melaporkan keluhannya dan meminta petugas bank untuk cek saldo tabungannya.

"Setibanya di Kantor BNI, customer service bilang kalau saldonya masih aman, masih sesuai jumlah transaksi terakhir,"  kata Dwi Ratnawati, kepada Kompas.com, Rabu (27/7/2022).

Beberapa menit usai mendapatkan jawaban saldo tabungannya masih aman, dirinya menerima notifikasi M-Banking adanya transaksi dan pemindahan saldo ke bank lain.


Dia pun kembali mendatangi dan mempertanyakan kepada pihak bank, setelah mengetahui adanya nofitikasi transaksi dan pemindahan saldo uang tabungannya.

Saat itu, pihak bank menyarankan agar melaporkan kejadian tersebut ke pihak kepolisian terlebih dahulu.

"Itu yang membuat saya agak kecewa, kenapa saat saya laporan ATM tertelan, kok tidak segera diblokir aksesnya,"ungkapnya.

Dia berharap kasus ini bisa diungkap dan pelaku bisa segera ditangkap serta diberikan hukuman setimpal, agar tidak lagi ada korban lainnya.

"Tadi saya ke bank dengan membawa surat laporan dari polisi dan diperlihatkan hasil rekaman CCTV mesin ATM," terangnya.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Kepolisian Resor Tuban, AKP M Ganantha membenarkan adanya laporan seorang warga yang kehilangan uang saldo rekening tabungan di bank.

Pihak kepolisian juga telah meminta keterangan dari korban dan keterangan dari pihak bank dan meminta video rekaman CCTV di lokasi ATM.

"Saat ini kami masih melakukan penyelidikan dan memburu pria yang diduga pelaku pembobolan rekening tersebut," kata AKP M Ganantha, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (27/7/2022).

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/27/211638778/rekening-bank-milik-irt-di-tuban-dibobol-tabungan-rp-40-juta-raib

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke