Salin Artikel

Cerita Satu-satunya Siswa Baru SDN Ngimbang Tuban, Ogah Sekolah karena Tak Ada Teman

Hal itu diungkapkan oleh Doni, guru kelas sekaligus orangtua atau wali dari satu-satunya siswa baru di SD Negeri Ngimbang tersebut.

Doni mengatakan, anaknya belum mau masuk sekolah karena tidak ada teman di dalam kelas.

Melihat kondisi tersebut, Doni memilih tak ingin memaksakan kehendaknya kepada anaknya saat masuk sekolah.

"Intinya, anaknya tidak mau masuk ke sekolah karena tidak ada temannya," kata Doni, saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (20/7/2022).

Salah seorang guru SD Negeri Ngimbang, Setiawan mengatakan, sekolah itu pernah kekurangan murid pada tahun sebelumnya.

Banyaknya sekolah swasta dan madrasah yang berdiri di Desa Ngimbang menjadi salah satu penyebab turunnya minat orangtua menyekolahkan anaknya di SD Negeri Ngimbang.

"Dulu sekolah ini ramai karena warga dari kampung sebelah banyak yang sekolah di SD Negeri ini. Tapi, sekarang banyak madrasah baru yang berdiri di sekitar desa ini," kata Setiawan.

Faktor tersebut menjadi salah satu penyebab SD Negeri Ngimbang mengalami kekurangan siswa dalam beberapa tahun terakhir.


Saat ini, total ada 17 siswa di SDN Ngimbang, mulai dari kelas satu hingga enam. Rinciannya, satu siswa di kelas 1, satu siswa di kelas 2, nihil siswa di kelas 3, dua siswa di kelas 4, delapan siswa di kelas 5, dan enam siswa di kelas 6.

SDN Ngimbang sudah melakukan berbagai upaya agar mendapatkan siswa baru. Salah satunya, dengan melakukan sosialisasi secara door to door.

Namun, warga sekitar lebih memilih menyekolahkan anaknya di madrasah dengan alasan materi pelajaran agama lebih maksimal.

"Kalau di madrasah kan orangtua bilangnya sekalian sama ngajinya. Nah, yang jadi kendala di sini juga kan guru agama dan olahraganya kosong, sudah pensiun," ujarnya

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/20/205310278/cerita-satu-satunya-siswa-baru-sdn-ngimbang-tuban-ogah-sekolah-karena-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke