Salin Artikel

Perusahaan Benih di Nganjuk Terbakar, Diduga gara-gara Puntung Rokok

Diduga, kebakaran di perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang pertanian khususnya penyediaan benih ini terjadi gara-gara putung rokok.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Nganjuk Sujito menjelaskan, kebakaran ini diketahui pada Senin siang.

“Berdasarkan penjelasan pihak Sang Hyang Seri, api diketahui muncul jam 13.00 WIB,” ujar Sujito kepada Kompas.com, Senin (18/7/2022).

Setelah mengetahui insiden ini, kata Jito, pihaknya mengerahkan tiga unit Mobil Damkar ke lokasi. Selain itu, dikerahkan dua unit tangki dari BPBD Kabupaten Nganjuk.

“Dan (dikerahkan) satu unit mobil water cannon dari Polres Nganjuk,” beber Jito.

Menurut Jito, insiden kebakaran ini melumat tumpukan benih yang berada di luar gudang dengan luasan sekitar 30x40 meter. Lalu, api juga melahap sebagian gudang di sebelah barat.

“Membakar tumpukan bibit, dan beberapa barang lain di sisi utara gedung,” tuturnya.


Jito menduga kebakaran di perusahaan benih ini disebabkan oleh puntung rokok yang tak sengaja dibuang, lalu membakar tumpukan bibit.

“Penyebab kebakaran sangat dimungkinkan puntung rokok,” sebut Jito.

Namun, tidak ada korban jiwa ataupun luka. Sementara itu, jumlah kerugian yang alami perusahaan benih masih dalam pendataan petugas.

“(Total kerugian) belum diketahui pasti,” kata Jito.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Nganjuk Gunarto menambahkan, petugas gabungan berhasil memadamkan api.

“Sampai saat ini api sudah dijinakkan, bahkan BPBD (Kabupaten Nganjuk) menyiapkan tabung oksigen dan peralatan rescue,” pungkas Gunarto.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/18/160637378/perusahaan-benih-di-nganjuk-terbakar-diduga-gara-gara-puntung-rokok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke