Salin Artikel

Mobil Oknum Dosen Tabrak Karangan Bunga yang Dipasang Mahasiswa Unisla Saat Unjuk Rasa, Disebut Halangi Jalan

Karangan bunga tersebut bertuliskan 'Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun. Turut berdukacita atas matinya mimbar akademi di Unisla'.

Dianggap menghalangi

Oknum dosen berinisial H menabrak karangan bunga itu karena mengganggap benda tersebut menghalangi jalannya.

"Menghalangi saya mau lewat," ucap oknum dosen berinisial H sembari berkelakar.

H menambahkan bahwa tuntutan para mahasiswa sudah dipenuhi oleh pihak kampus.

Menurut H, pihak kampus sudah terbuka, termasuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempertahankan sikap idealis.

"Pihak rektorat juga sudah berpesan, agar mereka menyelesaikan tahapan pendidikan, termasuk menyelesaikan skripsinya," tutur H.

Tuntutan mahasiswa

Dalam aksi yang dilaksanakan di halaman kampus tersebut, belasan mahasiswa menuntut Surat Keputusan (SK) pembekuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dicabut.

Korlap aksi Febri Hermansyah mengatakan, selain menuntut pihak rektorat mencabut SK pembekuan BEM, mereka juga menginginkan supaya civitas akademika mendapat kebebasan dalam menuntut ilmu, mengembangkan dan melakukan penelitian hingga pengabdian pada masyarakat sesuai norma dan kelaziman akademik.


"Kami mengecam tindakan kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh birokrasi kampus, dengan pembekuan kepengurusan organisasi kemahasiswaan 2021/2022. Kami juga mengecam, tindakan intimidasi, intervensi dan kriminalisasi kampus terhadap mahasiswa," ujar Febri, kepada awak media, Jumat.

Febri menjelaskan, pembekuan BEM yang dilakukan oleh birokrasi kampus lantaran pihaknya mengeluarkan kajian ilmiah yang menyoroti aspek akademis, kemahasiswaan, keuangan, serta sarana dan prasarana.

Sehingga pembekuan BEM dinilai telah mencederai hak mahasiswa terkait kebebasan berekspresi.

"Kami akan terus bergerak, jika tuntutan pencabutan SK pembekuan BEM Unisla tidak dikabulkan," kata Febri.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/15/164725878/mobil-oknum-dosen-tabrak-karangan-bunga-yang-dipasang-mahasiswa-unisla-saat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke