Salin Artikel

Kasus Korupsi Pupuk Bersubsidi di Madiun, Jaksa Temukan Penyelewengan di Sektor Perkebunan Tebu

Dari pemeriksaan puluhan saksi, penyidik menemukan adanya penyelewengan pendistribusian di sektor perkebunan tanaman tebu.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Kabupaten Madiun, Purning Dahono Putro yang dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (12/7/2022) menuturkan penyidik lebih fokus pada pemeriksaan penyaluran pupuk bersubsidi untuk sektor perkebunan tanaman tebu.

Pasalnya dari pemeriksaan sejumlah saksi ditemukan dugaan penyelewengan pendistribusiannya ke petani.

“Saat ini kami sudah fokus pemeriksaan distribusi pupuk bersubsidi di sektor perkebunan tebu. Kami menemukan kuat adanya indikasi penyelewengan (penyaluran pupuk) di sektor tersebut,” ujar Purning.

Untuk mengungkap modus dan siapa saja yang terlibat dalam korupsi pupuk bersubsidi di sektor perkebunan tebu, jaksa sementara ini sudah memeriksa 50 saksi.

Lima puluh saksi yang diperiksa mulai dari pihak PT Petrokimia selaku produsen pupuk di area Kabupaten Madiun, pejabat di Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Madiun, anggota Komisi Pengawas Pupuk dan Pestisida hingga distributor penyalur pupuk bersubsidi untuk petani tebu di Kabupaten Madiun.


Meski sudah memeriksa lima puluh saksi, Purning masih enggan mengungkap modus yang digunakan para pihak untuk mengorupsi pupuk bersubsidi tersebut.

Tak hanya itu, Purning juga belum membeberkan siapa saja yang bertanggung jawab sehingga terjadi tindak pidana korupsi dalam penyaluran pupuk bersubsidi di sektor perkebunan tebu di Kabupaten Madiun.

Hanya saja ia memastikan penyidik akan mengungkap siapa saja yang terlibat dalam kasus ini setelah dilakukan penetapan tersangka.

Penetapan tersangka dilakukan setelah penyidik mendapatkan angka pasti jumlah nilai kerugian negara yang terjadi dalam kasus ini.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, sejatinya penyidik sudah mengantongi nama-nama tersangka dalam kasus ini. Beberapa tersangka itu berasal dari kalangan Aparatur Sipil Negara hingga swasta.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/12/171241078/kasus-korupsi-pupuk-bersubsidi-di-madiun-jaksa-temukan-penyelewengan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke