Salin Artikel

6 Sapi Kurban di RPH Kota Malang Terinfeksi Cacing Hati

Beberapa mahasiswi dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Brawijaya (UB) didampingi dosen drh Widi Nugroho PhD mengecek kondisi hewan kurban setelah disembelih atau post mortem.

Hasilnya ada 6 ekor sapi yang terinfeksi cacing hati dari 48 ekor sapi yang telah diperiksa sekitar pukul 13.00 WIB. Infeksi tersebut ditemukan setelah memeriksa bagian jeroan merah seperti jantung, limpah, lever, paru-paru dan ginjal.

Widi mengatakan permasalahan tersebut merupakan hal yang biasa terjadi setiap tahunnya. Namun kerap kali masih ada saja masyarakat yang tidak mengetahui bahwa infeksi cacing hati bisa menyerang sapi.

Pihaknya telah menyarankan kepada masyarakat bila ingin mengonsumsi dengan terpaksa harus ada beberapa hal yang dilakukan. Seperti merendam bagian daging atau jeroan untuk mengeluarkan cacing hati. Kemudian dilakukan perebusan dan lainnya.

Namun menurutnya terkadang cara tersebut tidak bisa berhasil secara menyeluruh untuk menghilangkan cacing hati dari bagian organ sapi.

"Karena terkadang ada cacing yang ketinggalan, tapi memang lebih baik dibuang saja (bagian yang terinfeksi), opsi-opsi tadi itu kita sarankan kepada masyarakat, jadi kita tidak bisa memaksa," kata Widi saat diwawancarai.

Infeksi cacing hati kerap kali ditemukan di bagian lever dengan berbentuk pipih yang agak sulit dibedakan dengan jaringan lever.

Namun saat ini permasalahan infeksi cacing sapi sudah banyak diketahui oleh pemotong daging sapi sehingga hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisasi.

"Kalau tukang jagal biasanya lebih mengetahui daripada kami-kami ini karena mereka yang sudah terbiasa. Cacing hati bentuknya sebesar telunjuk atau kelingking jadi tidak mungkin dikonsumsi oleh masyarakat," katanya.

Selain itu, pihaknya telah melakukan pemeriksaan ke sapi-sapi tersebut sebelum disembelih atau ante mortem. Hasilnya tidak ditemukan adanya sapi yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/10/170449778/6-sapi-kurban-di-rph-kota-malang-terinfeksi-cacing-hati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke