Salin Artikel

Gugur Ditembak KKB, Prada Beryl Naik Pangkat Luar Biasa Jadi Pratu Anumerta

Panglima Kostrad Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan, kenaikan itu merupakan penghargaan terhadap almarhum yang gugur di medan tugas.

"Karena penghargaan. Karena sudah melaksanakan tugas dengan baik," ujar Maruli usai memimpin langsung upacara pemakaman Prada Beryl di Kediri, Sabtu (2/7/2022).

Menurut orang nomor satu di Kostrad itu, penghargaan berupa kenaikan pangkat luar biasa tersebut sebenarnya tidak serta merta dengan mudah diberikan.

"Tapi almarhum diberikan pangkat luar biasa itu," lanjutnya.

Panglima Kostrad menambahkan, gugurnya salah satu prajuritnya itu membuat pihaknya berduka.

Upaya menekan risiko dalam suatu tugas, menurut Maruli, sudah dilakukan dengan memaksimalkan pelatihan. Namun menurutnya risiko itu tetap selalu ada.

Oleh sebab itu pihaknya akan lebih meningkatkan pelatihan dengan baik dan sembari berproses juga akan dilakukan evaluasi.

"Kita harus berlatih dengan baik dan terus kita evaluasi sambil berjalan. Itu kita kerjakan. Mohon doanya," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Prada Beryl Kholif Al Rohman gugur dalam kontak senjata dengan KKB, Rabu (29/6/2022) sore.

Saat itu KKB yang diduga kelompok Lamek Alepki menyerang pos TNI yang ada di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Jenazah Prada Beryl kemudian dipulangkan ke kampung halamannya di Dusun Sukoharjo, Desa Sukoharjo, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, untuk dimakamkan, Sabtu (2/7/2022).

https://surabaya.kompas.com/read/2022/07/02/174317578/gugur-ditembak-kkb-prada-beryl-naik-pangkat-luar-biasa-jadi-pratu-anumerta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke