Salin Artikel

16 Bulan Ambruk, Jembatan Sememu di Lumajang Mulai Dibangun, Anggaran Rp 7 Miliar

Pasalnya, setelah 16 bulan ambruk akibat diterjang banjir lahar Gunung Semeru, jembatan penghubung desa itu kini mulai dibangun.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, Jembatan Sememu tidak hanya dibangun kembali.

Namun, akan ada perubahan bentuk untuk menghindari kejadian ambruknya jembatan akibat terjangan banjir lahar Semeru.

Jembatan Sememu yang memiliki panjang 30 meter itu akan diubah menjadi lebih tinggi dari yang semula hanya tujuh meter dari sungai, menjadi 13 meter.

Tidak hanya itu, lebar jembatan juga akan ditambah empat meter dari yang sebelumnya hanya lima meter.

Untuk membangun kembali Jembatan Sememu, Pemkab Lumajang menggelontorkan anggaran sebesar Rp 7 miliar.

"Pekerjaan jembatan di Gesang ini kita anggarkan Rp 7 miliar, dengan panjang 30 meter, lebar sembilan meter, dan tinggi 13 meter," kata Thoriq di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Senin (27/6/2022).


Sebelumnya, gelombang aspirasi warga meminta segera ada perbaikan jembatan itu muncul dan disampaikan langsung ke Bupati maupun DPRD Lumajang.

Sebab, putusnya jembatan ini sangat mengganggu mobilitas warga.

Warga harus melewati jalur lain yakni jalan Desa Condro. Selain jarak tempuh yang lebih jauh, jalan ini mengalami kerusakan yang sangat parah akibat sering dilewati truk bermuatan pasir.

Bahkan , warga sempat membuat jembatan alrernatif secara swadaya menggunakan bambu sambil menunggu pemerintah memperbaiki jembatan yang ambruk itu.

Tidak jarang, saat terjadi hujan lebat yang membuat debit air dan arus sungai meningkat, jembatan darurat itu pun hanyut.

Thoriq menjelaskan, lamanya jembatan itu terputus dan tidak segera diperbaiki lantaran adanya proses birokrasi yang mewajibkan pemerintah untuk melalui proses tender.

Kini proses itu telah tuntas dan sudah mulai tahap pengerjaan. Thoriq menyebut perbaikan jembatan ini ditargetkan akan selesai pada bulan November 2022.

"Pembangunan jembatan ini diperkirakan akan selesai dalam waktu lima bulan," jelasnya.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/27/101139678/16-bulan-ambruk-jembatan-sememu-di-lumajang-mulai-dibangun-anggaran-rp-7

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke