Salin Artikel

Besok Pilkades Serentak 61 Desa di Lamongan, Polisi Siapkan Tim Khusus Tindak Pengacau

LAMONGAN, KOMPAS.com - Sebanyak 61 desa di Lamongan, Jawa Timur bakal menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak.

Antisipasi dalam menjaga keamanan, sebanyak 1.064 personel gabungan disiapkan, termasuk tim khusus Satgas Gakkum yang dibentuk pihak kepolisian.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lamongan AKBP Miko Indrayana mengatakan, pihaknya tidak akan menolerir oknum pengganggu Kamtibmas serta pelaku judi (botoh) dalam pelaksanaan Pilkades di Lamongan yang dijadwalkan berlangsung secara serentak, Minggu (26/6/2022).

"Kami akan menindak tegas pelaku botoh maupun pengganggu Kamtibmas lainnya. Jangan ada yang berani coba-coba ataupun punya niat, Satgas kami tidak ada toleransi terhadap pelaku," ujar Miko dalam apel pasukan di Alun-alun Lamongan, Sabtu (25/6/2022).

Personel gabungan yang disiagakan bertujuan mengamankan tempat pemungutan suara pada 61 desa yang tersebar di 24 kecamatan.

Di antaranya, 408 personel Polres Lamongan, 130 personel BKO SAT Brimob Polda Jatim, 183 personel Kodim 0812 dan 30 personil siaga on call, serta 122 personel Linmas.

Sementara Wakil Bupati Lamongan Abdul Rouf berharap, pelaksanaan Pilkades serentak yang dilaksanakan besok dapat berlangsung kondusif, lancar dan damai.

Abdul Rouf juga optimistis harapan tersebut terwujud, melihat dukungan penuh dari aparat keamanan dan petugas di lapangan.

"Kami mengimbau kepada warga Lamongan, agar turut menyukseskan Pilkades ini dengan aman, damai dan kondusif," ucap Abdul Rouf.

Selain itu, Abdul Rouf juga berpesan kepada semua pihak terutama petugas yang berada di lapangan, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan serta menjaga mental dan fisik.

Sehingga dapat maksimal dalam memberikan perlindungan, mengayomi dan juga melayani masyarakat.

"Petakan setiap kerawanan pada tempat pemungutan suara, serta meningkatkan deteksi dini untuk mengetahui dinamika dan fenomena yang berkembang di masyarakat. Sehingga setiap permasalahan yang berpotensi mengganggu jalannya pemungutan suara, dapat diantisipasi sedini mungkin dan tidak menimbulkan dampak yang lebih luas,” kata Abdul Rouf.

Abdul Rouf juga mengajak petugas memperkokoh kerja sama yang harmonis dengan seluruh penyelenggara pemilu, guna mewujudkan sinergitas dan kondusivitas Kamtibmas di Lamongan.

Petugas juga diharapkan tetap berpedoman pada SOP yang berlaku, untuk menghindari keraguan dan kesalahan prosedur dalam pelaksanaan tugas guna meminimalisir terjadinya penyimpangan dan pelanggaran.

"Bagi segenap personel PAM TPS, jaga komitmen dan netralitas serta tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dalam penyelenggaraan Pilkades serentak ini," tutur Abdul Rouf.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/25/125200278/besok-pilkades-serentak-61-desa-di-lamongan-polisi-siapkan-tim-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke