Salin Artikel

Truk Pengangkut Tebu Terguling di Jombang, 4 Penumpang Tewas

Empat penumpang truk meninggal dunia akibat tertimpa tebu dan masuk ke sungai. Sementara, empat penumpang terluka dan dilarikan ke Puskesmas terdekat.

Adapun pengemudi truk, Dapit, berhasil selamat. Pengemudi berusia 35 tahun itu hanya mengalami cedera ringan. 

“Korban meninggal empat orang, semuanya teridentifikasi sebagai warga Nganjuk,” ungkap Kapolres Jombang AKBP Moh. Nurhidayat, Selasa malam.

Nurhidayat mengatakan, truk tersebut mengangkut tebu dari Desa Sembung, Kecamatan Perak, Kabupaten Jombang, menuju ke salah satu pabrik gula di Kabupaten Nganjuk.

Selain terdapat muatan tebu, di atas tumpukan tebu tersebut terdapat delapan orang penumpang yang bekerja sebagai penebang atau pemotong tebu.

Truk tersebut mengalami kecelakaan saat melaju ke arah Nganjuk, di jalan Raya Perak - Jombang.

Lokasi kecelakaan merupakan jalan dengan kondisi yang sedikit menikung, serta agak bergelombang.

Menurut Nurhidayat, berdasarkan hasil pemeriksaan dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), penyebab kecelakaan diduga kelebihan kapasitas muatan serta kondisi jalan yang miring.

“Berdasarkan olah TKP, dugaan awal karena kelebihan muatan dan juga konstruksi jalan yang tidak memungkinkan kelayakan untuk kendaraan kondisi jalan,” ujar dia.

Nurhidayat menjelaskan, para penumpang yang meninggal dunia, sebelumnya menumpang di atas truk di atas tumpukan tebu.

Saat truk terguling, empat penumpang tertimpa tebu lalu masuk ke sungai yang ada di sisi kiri jalan. 

Masyarakat sekitar yang mengetahui kejadian itu, berusaha membongkar tebu yang menimpa beberapa penumpang. Namun saat berhasil membongkar, empat penumpang sudah ditemukan meninggal dunia.

“Informasi yang dikumpulkan dari saksi-saksi di TKP, ada kelalaian dari kendaraan, yaitu membiarkan penumpang, ada delapan orang yang berada di atas truk,” kata Nurhidayat.

Pihaknya kini masih memeriksa pengemudi truk. Adapun penumpang yang terluka masih menjalani perawatan di Puskesmas dan rumah sakit di Kabupaten Jombang.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/14/210743378/truk-pengangkut-tebu-terguling-di-jombang-4-penumpang-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke