Salin Artikel

Rumah Kelahiran Bung Karno di Pandean Surabaya Dijadikan Museum, Djarot: Ini Salah Satu Pelurusan Sejarah

Menurutnya, kehadiran sarana wisata edukasi tersebut harus dimaksimalkan sebagai cerminan bagi para anak-anak khususnya di Kota Surabaya.

Djarot menambahkan, generasi muda bisa meneladani sikap dan falsafah hidup dari sosok Soekarno.

Tak hanya itu, Djarot menyebutkan, hadirnya museum Bung Karno ini menjadi pertanda bahwa Soekarno juga dilahirkan di Kota Pahlawan.

"Bung Karno lahir di Surabaya. Nah, (museum Bung Karno) ini salah satu pelurusan sejarah, supaya anak-anak muda tahu bahwa Bung Karno itu arek Suroboyo," kata Djarot di Surabaya, Senin (6/6/2022).

Ia berharap, keberadaan rumah Bung Karno yang bakal dijadikan sebagai museum itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat di Kota Pahlawan.

Djarot menyebutkan, museum Bung Karno itu nantinya bakal terkoneksi dengan sejumlah lokasi sejarah lain.

Salah satunya rumah HOS Tjokroaminoto yang disebut pernah menjadi lokasi indekos Presiden Pertama RI dan sejumlah tokoh besar lainnya.

"Untuk wisata sejarah bisa juga ke rumah HOS Tjokroaminoto sebagai guru bahasa, di mana para tokoh bangsa itu mondok dan belajar di Mbah Tjokro dan masuk dalam organisasi Serikat Islam," ujar dia.


Sementara itu, dalam rangka memperingati hari kelahiran Bung Karno, kader-kader PDI Perjuangan juga menggelar pesta tumpengan di rumah kelahiran Bung Karno tersebut.

Para kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDI P Perjuangan di Surabaya, masing-masing juga menyumbang tumpeng.

Hal itu disebutnya merupakan cerminan sikap gotong royong.

"Ini pesta rakyat, tumpengan bareng-bareng untuk memperingati hari ulang tahun Bung Karno yang ke-121 (tahun) di tempat kelahiran Bung Karno," ujar dia.

https://surabaya.kompas.com/read/2022/06/06/171904478/rumah-kelahiran-bung-karno-di-pandean-surabaya-dijadikan-museum-djarot-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke